Nataru, Basarnas Jabar Dirikan Posko Pelayanan Hubungi Call Centre 115

Kepala Basarnas Jabar, Deden Ridwansyah saat menyiapkan anggota untuk di tempatkan di beberapa posko jelang Natal dan Tahun Baru di Kantor SAR Jabar Jl. Raya Bandung-Garut KM 27, Desa Sindangpakuon, Kecamatan Cimanggung.

SUMEDANG – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019,  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jawa Barat mendirikan posko pelayanan di beberapa lokasi. Salahsatunya di depan kantor Sar Bandung dan di Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali).

Kepala Basarnas Jabar, Deden Ridwansyah mengatakan, selain mendirikan posko utamanya di Kantor SAR Jabar mereka juga ada tim mobile yang melakukan patrol untuk mengevakuasi korban kecelakaan lalu lintas.

”Tim mobile akan bergerak di Nagreg dan di Cileunyi Kabupaten Bandung,” ujar Deden Ridwansyah di Kantor SAR Bandung, Kamis (20/12/2018).

Baca Juga  PSBB, Sa’dulloh Minta Masyarakat Sumedang Patuhi Arahan Pemerintah

Menurutnya posko itu dapat dipergunakan masyarakat untuk beristirahat setelah lelah dalam perjalanan. Masyarakat akan mendapat pelayanan kesehatan di Posko Basarnas yang nantinya ada petugas dari Puskesmas dan Rumah Sakit.

Selain itu pada 30 Desember 2018 dan 1- 2 Januari 2019, ada 2 tim rescue yang akan bersiaga di tempat yang menjadi objek wisata di Jawa Barat, seperti Pantai Pangandaran dan Pantai Santolo, Kabupaten Garut.

Baca Juga  Mendagri Umumkan PPKM Hingga 28 Februari, Ini Daerah yang Masuk Level 2,3 dan 4

Pihaknya mengimbau masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru karena saat ini musim penghujan, agar para pengendara tetap berhati hati saat melintasi daerah rawan longsor. Selain itu bila melihat material tanah yang tidak wajar mengalir harus waspada lebih baik hindari.

Ditegaskannya khusus bagi calon wisatawan yang ingin melewati tahun baru di pantai dan gunung harap diperhatikan keselamatannya. “Wisatawan pantai agar tidak berenang di Zona Merah, turuti perintah para petugas Rescue dan untuk calon wisatawan yang ke gunung. Diimbau untuk mempersiapkan perbekalan dengan baik, jangan asal bawa badan saja mulai dari makanan sampai alat pelindung diri harus disiapkan. Tujuannya untuk menghindari jatuhnya korban,” tandasnya.

Baca Juga  Tiga Rumah dan Satu Masjid Terancam Abrasi Sungai Cibodas, Ini yang dilakukan Kades

Bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan, dapat menghubungi call centre 115 atau menghubungi nomor telepon 022 7780437. (ek/fit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK