Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Jumat, 14 Desember 2018 - 16:47 WIB

PKL Tampomas Keukeuh Tak Mau Pindah, Erwan Tetap Ditertibkan



SUMEDANG – Mediasi antara pedagang kaki lima (PKL) Tampomas dan Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan, buntu. Kedua belah pihak keukeuh pada pendiriannya masing-masing. PKL tetap ingin berjualan di jalan Tampomas, sementara pihak pemerintah mengacu pada Perda yang melarang PKL berjualan di atas trotoar dan bahu jalan.

Ketua Himpunan Warga Pasar Sandang (HIWAPA), Asep Rahmat memandang apa yang dilakukan pemerintah tidak adil dan janggal. Dia malah mempersoalkan terkait dengan dugaan adanya pelanggaran di pembangunan Pasar Sandang.

Baca Juga  Dikontak PSSI, Djanur lulus Lisensi kepelatihan A AFC

“Pembangunan pasar Sandang diduga banyak pelanggaran, di antaranya izin mendirikan bangunan (IMB) yang terbit pada tahun 2016, sementara SPL mulai pembangunan pasar Sandang keluar pada tahun 2015, secara kontek hukum yang saya tahu itu diduga cacat hukum,” kata Asep pada wartawan.

Dia pun balik bertanya, kenapa pemerintah membiarkan membangun yang diduga cacat hukum. Perlakuan berbeda justru, ketika masyarakat membangun toko dan IMB nya belum ada langsung ditindak.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan menegaskan pihaknya tetap akan melakukan penertiban sesuai dengan peraturan yang ada. “Berjualan di atas trotoar dan bejualan di bahu jalan itu sudah jelas melanggar Perda. Oleh karenanya, kami mengajak masyarakat Sumedang khususnya para pedagang untuk bersama sama dengan pemerintah untuk memperindah kota ini.” tuturnya.

Baca Juga  Para Paslon Puas atas Hasil Undian Nomor Urut

Sebagai solusi Erwan menjelaskan Pemkab Sumedang telah menyiapkan tempat relokasi yakni di Pasar Semi Modern Sumedang.“Pemkab Sumedang akan menggratiskan retribusi kepada pedagang selama 6 bulan, dan mengenai permodalan ada BRI yang akan membantu,” katanya. [fit]

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

KESEHATAN

108 Pengusaha Depot Isi Ulang di Sumedang Belum ber SNI

Pilihan Redaksi

Sitemap
Karang Taruna Mangunarga, Kecamatan Cimanggung menggelar kegiatan pemberian makan gratis dan penyaluran santunan untuk para dhuafa dan para pejuang nafkah. Selain itu, dilakukan kegiatan kemanusiaan berupa donor darah.

SUMEDANG

Pengurus Jabar Apresiasi Kegiatan Sosial Karang Taruna Mangunarga

Pilihan Redaksi

Usai Santap Makanan Kenduri 18 Warga Diduga Keracunan

Pilihan Redaksi

Dudi dan Nunung Unggul Suara di Cimanggung

PENDIDIKAN

Anggota DPR RI Ini, Tekankan Pelajar Kudu Memiliki Komitmen

Pilihan Redaksi

Duh, Ada 5 ribu warga OTD Jatigede Rawan Pangan

Pilihan Redaksi

Ada longsor susulan, arus lalin dialihkan ke Rancakalong