Home / Nasional

Rabu, 8 April 2020 - 22:37 WIB

Tanggulangi Covid 19, Jabar Bentuk Forum Perguruan Tinggi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil

GUBERNUR JAWA BARAT, RIDWAN KAMIL GUBERNUR JAWA BARAT, RIDWAN KAMIL: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil


SUMEDANG.ONLINE, KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama 13 rektor perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Jabar sepakat membentuk Forum Perguruan Tinggi Jabar dalam rangka penanggulangan COVID-19.

Kesepakatan tersebut didapat melalui video conference yang dipimpin Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (8/4/20). Lewat forum tersebut, perguruan tinggi di Jabar diharapkan menyumbangkan gagasan keilmuannya, misalnya pengujian vaksin COVID-19.

“Hari ini (8/4) kita menyepakati membuat forum perguruan tinggi Jawa Barat untuk menyumbangkan gagasannya kepada Indonesia melalui laboratorium yang pengetesan gagasannya dilakukan di Jabar dulu, nanti diharapkan menjadi inspirasi bagi Indonesia,” kata Kang Emil seperti dilansir dari laman resmi Pemrov Jabar.

Dirinya juga mengajak perguruan tinggi lainnya untuk bergabung dalam forum tersebut agar lebih banyak lagi gagasan dalam upaya penanggulangan COVID-19. Perguruan tinggi pun dipersilakan untuk masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar.

Baca Juga  Ini tiga poin permasalahan dampak sosial Jatigede menurut Kang TB Hasanuddin

“Kita akan tindak lanjuti dengan pertemuan teknis untuk membahas masing-masing peran perguruan tinggi dan siapa saja yang mau bergabung di Gugus Tugas COVID-19 Jabar, serta kira-kira sektor apa saja yang bisa disumbangkan,” kata Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, nantinya dalam Forum Perguruan Tinggi Jabar itu, ada penugasan untuk membimbing 27 kabupaten/kota di Jabar dalam menentukan langkah-langkah penanggulangan COVID-19.

“Nanti ada penugasan dari kami, bahwa 27 daerah harus ada pembimbing keilmuannya walaupun daerah itu jauh dari domisili perguruan tingginya,” ujar Kang Emil.

Melalui forum perguruan tinggi itu pun, Kang Emil meminta mereka untuk menguatkan peran alumni untuk membuat gerakan kemanusiaan.

Baca Juga  10-12 April, Polda Jabar Gelar Patroli Skala Besar

“Saya titip kuatkan ke-alumni-an karena sebenarnya banyak orang baik yang lagi menunggu (instruksi). Kalau rektornya bikin gerakan, mereka (alumni) pasti akan ikut. Paling gampang itu bikin forum donasi alumni,” kata Kang Emil.

Donasi jangka pendek dari alumni perguruan tinggi di Jabar itu dinilai akan membantu pembelian peralatan kesehatan. Untuk jangka menengah, donasi bisa berupa bantuan sosial-ekonomi kepada masyarakat terdampak COVID-19.

Peran alumni dan perguruan tinggi ini pun akan menjadi koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dan akademisi. “Jabar ingin terdepan dari sisi kekompakan, inovasi, dan kepemimpinan. Semoga bisa melewati pandemi COVID-19 dengan cepat,” tutup Kang Emil. *HUMAS JABAR*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Nasional

KTP, bayar pajak makin mudah

Nasional

Pembangunan Terowongan Nanjung, Jokowi: 2020 Banjir Dapat Diminimalisasi di Bandung
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana akan memperluas pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu dikatakannya saat rapat evaluasi pelaksanaaan PSBB di Gedung Pakuan Jalan Otista No. 1 Kota Bandung. Sabtu, 25 April 2020.

Nasional

Gubernur Jawa Barat Wacanakan PSBB Diperluas

Nasional

Menpora Ingin PGRI Bersinergi dengan Beberapa Program Kemenpora

Nasional

AI minta maaf ke warga Sumedang
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat memberikan penghargaan bidang lingkungan hidup Raksa Prasada 2020 kepada kabupaten/kota di Jabar yang peduli lingkungan hidup sekolah, sekolah berbudaya lingkungan atau Adiwiyata, dan Program Kampung Iklim (ProKlim) Utama Kabupaten/Kota di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (8/12/2020).

Nasional

Ini Nama Penerima Penghargaan Raksa Prasada 2020 dari Gubernur Jabar

Nasional

Tidak Patuh Bayar Tagihan, Sentul City Putus Aliran Air PDAM
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mendampingi kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu, Kab. Sukabumi, Kamis (18/6/2020).

Nasional

Wagub Jabar Dampingi Kunker Menteri Kelautan dan Perikanan RI di Palabuhanratu