Home / Nasional

Selasa, 16 Juni 2020 - 01:01 WIB

Gubernur Jabar Serahkan Bantuan kepada Mahasiswa Papua

Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara simbolis menyerahkan bantuan kepada mahasiswa asal Papua di Jabar yang terdampak pandemi COVID-19, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (15/6/20)

YOGI P/HUMAS JABAR SERAHKAN BANTUAN: Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara simbolis menyerahkan bantuan kepada mahasiswa asal Papua di Jabar yang terdampak pandemi COVID-19, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (15/6/20)


KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil secara simbolis menyerahkan bantuan kepada mahasiswa asal Papua di Jabar yang terdampak pandemi COVID-19, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (15/6/20).

Adapun bantuan yang diberikan berupa paket sembako dan dana tunai senilai Rp25 juta. Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar menyalurkan bantuan kepada kelompok mahasiswa terdampak COVID-19 untuk memastikan tidak ada masyarakat yang mengalami kelaparan di Jabar.

“Semua kelompok mahasiswa, khususnya (asal) Papua, juga sudah dibantu sejak awal pandemi. Hari ini kami (Pemda Provinsi Jabar) tambahkan sembako dan dana sebesar Rp25 juta,” ucap Kang Emil.

Selain itu, Kang Emil melaporkan bahwa lebih dari 800 mahasiswa asal Papua di Jabar tidak ada yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dirinya pun mengimbau mereka untuk terus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

Baca Juga  Rentan Terpapar, Purwakarta Luncurkan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

“Ada sekitar 800 mahasiswa (asal Papua) di Jawa Barat yang terdaftar, mayoritas di Bandung Raya. Menurut laporan, tidak ada yang terkena COVID-19 dan saya titip sebagai kelompok masyarakat untuk selalu jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan,” kata Kang Emil.

“Mereka juga bisa sampaikan kepada orang tua (di Papua), bahwa COVID-19 di Jawa Barat ini dalam kategori terkendali, mulai dari angka reproduksi, jumlah kasus dan lain-lain, sehingga orang tua mungkin bisa lebih tenang (karena) pandemi di Jawa Barat lebih terkendali dan terukur,” ujarnya.

Baca Juga  Menpora Pimpin Renungan dan Tasyakuran HSP ke-88

Dalam agenda tersebut, Kang Emil menyoroti pentingnya kerja sama dan bergotong royong dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia telah diikat oleh Pancasila, utamanya lewat sila kedua dan ketiga yang mengedepankan kesetaraan kemanusiaan tanpa mengangkat perbedaan yang ada.

“Kita sudah diikat oleh sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab, itu maksudnya semua sama. Dan diikat oleh sila ketiga, kita ini sama-sama membangun Indonesia,” ucap Kang Emil.

Usai penyerahan bantuan secara simbolis, Kang Emil bersama para mahasiswa asal Papua di Jabar pun menyanyikan lagu “Halo-halo Bandung” dan lagu Tanah Papua “Di sana Pulauku” sebagai tanda kebersamaan. HUMAS JABAR/RADIO RAJA

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Satu korban terakhir dari dua remaja yang tenggelam di Pantai Karangsari ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sekira pukul 13.55 WIB, Sabtu, 11 April 2020.

Nasional

SAR Berhasil Temukan Dua Korban Tenggelam di Pelabuhan Ratu

Nasional

Tokoh Pahlawan Pergerakan Nasional KH Zaenal Mustofa diangkat ke layar lebar
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dalam jumpa pers usai Rapat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (22/6/2020).

Nasional

Angka Reproduksi Efektif di bawah 1 Terus, Tingkat Infeksi COVID-19 Jabar Terendah di Pulau Jawa

Nasional

Langgar PP 53/2010, 96 ASN Dihentikan Tidak Hormat

Nasional

Gempa Kembali Guncang Lombok, Nurhasan: Kita Perlu Muhasabah

Nasional

Ini tiga poin permasalahan dampak sosial Jatigede menurut Kang TB Hasanuddin
Anji jalani assesmen di BNNP.

Hiburan

Hasil Assessment, BNNP Rekomendasikan Anji untuk Rehabilitasi
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat melakukan kunjungan kerja di Pondok Pesantren Bai Mahdi Sholeh Ma’mun, Pabuaran, Kota Serang, Banten. Jumat, 13 Agustus 2021.

Nasional

Tahun 2022 Seluruh Anak Yatim Rencananya Bakal Dibantu Negara