Home / Nasional

Rabu, 24 Juni 2020 - 03:49 WIB

Jabar Segera Miliki Mobile Combat COVID-19, Mobil Tes PCR Keliling

 Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau Mobile Combat COVID-19 dari PT Inti Dharma Global Indo di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (23/6/2020).

RIZAL/HUMAS JABAR TINJAU KENDARAAN: Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau Mobile Combat COVID-19 dari PT Inti Dharma Global Indo di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (23/6/2020).


KOTA BANDUNG — Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meninjau Mobile Combat COVID-19 dari PT Inti Dharma Global Indo di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (23/6/20).

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– mengatakan, Jabar saat ini sedang mengejar testing (pengetesan), tracing (pelacakan), dan trust (kepercayaan) dari warga terutama dalam kegiatan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB).

Kehadiran mobil keliling untuk pengetesan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) ini pun menjadi salah satu upaya Jabar untuk mengejar rasio pengetesan COVID-19 dan jumlah warga di angka 300 ribu orang. Hingga kini, sudah dilakukan pengetesan terhadap 65 ribu orang melalui metode PCR dan 158 ribu orang lewat Rapid Diagnostic Test (RDT).

Baca Juga  Pinjam dari Bank Exim China, Proyek Tol Cisumdawu Dilanjut

“Jawa Barat sedang mengejar sebanyak-banyaknya testing, tracing, dan tentunya mendapatkan trust dari warga bahwa selama AKB jumlah rasio penduduk Jawa Barat yang dites banyak,” ujar Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, Mobile Combat COVID-19 ini memiliki metode yang lebih sederhana dari Biosafety Level-2 (BSL-2) dan BSL-3 namun tetap memiliki tingkat akurasi pengetesan sesuai standar.

Pihaknya pun akan segera memiliki mobil PCR keliling yang mampu memberikan hasil pengetesan dalam waktu 40 menit itu dengan harapan meningkatkan kewaspadaan Jabar terhadap penyebaran COVID-19.

“Mudah-mudahan kemudahan (fasilitas pengetesan) ini bisa memperkuat kewaspadaan Jawa Barat selama proses Adaptasi Kebiasaan Baru,” kata Kang Emil.

“Dan kami akan mencoba menghitung (biaya) untuk kita beli alat PCR portabel sehingga ke depan kita punya aset pengetesan di level kota/kabupaten,” tuturnya.

Baca Juga  Pesan Terakhir Hari Mukti: Lanjutkan Dakwah

Sementara itu, CEO PT Inti Dharma Global Indo Aswar Wahab menjelaskan, Mobile Combat COVID-19 memiliki empat alat pengetesan PCR portabel yang mampu memeriksa 250 sampel per hari. Kelebihan lainnya, alat tes PCR buatan Korea Selatan yang dimiliki memiliki tingkat akurasi hingga 99,99 persen.

Aswar juga berujar bahwa mobil tersebut sudah beroperasi di Jabar pada Sabtu, 20 Juni lalu, saat operasi gabungan pengetesan wisatawan di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar.

Dalam operasi gabungan tersebut, Mobile Combat COVID-19 terlibat dalam pengetesan lanjutan warga yang reaktif dari hasil tes darah melalui RDT. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Ketua Dekranasda Provinsi Jabar Atalia Ridwan Kamil meninjau kegiatan pelatihan pembuatan face shield (pelindung wajah) dan masker di Gedung Cimahi Techno Park, Kota Cimahi, Senin (29/6/2020).

Nasional

Dimasa Pandemi Covid 19, Atalia Ridwan Kamil Dorong UMKM Jabar Kreatif dan Inovatif
Sekretaris Dinas Kesehatan Jabar yang juga Wakil Ketua Divisi Pelacakan Kontak, Pengujian, dan Manajemen Laboratorium Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Siska Gerfianti.

Nasional

Jabar Targetkan 300 ribu Pengetesan COVID-19

Nasional

10.49 Terjadi Longsor Susulan di Puncak, Proses Evakuasi Sedang Berlangsung

Nasional

Kementerian PANRB Gelar Anugerah ASN 2018
Bupati Purwakarta, Ambu Anne Ratna Mustika meresmikan sentra vaksinasi Covid-19 bagi kalangan lansia dan pralansia di Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta di Jalan Veteran. Senin,12 Juli 2021.

Nasional

Rentan Terpapar, Purwakarta Luncurkan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

Nasional

Devina dan Devani bayi kembar siam sudah di CT Scan, ini hasilnya

Nasional

OTD Jatigede, Ontrog Istana Negara. Minta Perpres Dicabut
Aa Gym dan Ridwan Kamil melihat Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat di Gedung Sate. Foto: Antara

Nasional

Aa Gym: Pandemi Covid 19 Berakhir Bila Masyarakat Dispilin