Home / Nasional

Selasa, 2 Juni 2020 - 20:53 WIB

Pembatalan Keberangkatan Haji, Kemenag: Arab Saudi Belum Buka Akses Layanan

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali (Foto: Kemenag)

DIRJEN PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH NIZAR ALI (FOTO: KEMENAG) DIRJEN PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH NIZAR ALI (FOTO: KEMENAG): Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali (Foto: Kemenag)


JAKARTA — Kementerian Agama memutuskan membatalkan keberangkatan jamaah haji 1441 H / 2020 M. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar mengatakan keputusan ini diambil antara lain karena hingga saat ini Saudi belum membuka akses layanan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441 H / 2020 M.

“Pemerintah Arab Saudi sampai saat ini belum memberikan kepastian kapan akan dibukanya akses layanan penyelenggaraan haji 1441H/2020M, tidak hanya bagi Indonesia, tapi juga bagi negara-negara pengirim jemaah haji lainnya,” terang Nizar di Jakarta. Selasa, 2 Juni 2020.

Baca Juga  Menpora Lantik dan Ambil Sumpah PNS di Lapangan Bulutangkis

Nizar mengatakan, pihaknya memahami jika Arab Saudi hingga kini belum membuka akses tersebut. Pasalnya, hingga saat ini Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) juga masih menjadi pandemi. Sebagaimana di Indonesia, hal itu juga berpengaruh pada proses persiapan penyelenggaraan haji yang mereka lakukan. Apalagi, Covid-19 juga dapat mengancam keselamatan jemaah. Sementara agama mengajarkan, menjaga jiwa adalah kewajiban yang harus diutamakan.

Baca Juga  Kolonel Inf Parwito Imbau dan Apresiasi Langkah Pencegahan Penyebaran Virus Corona di Jajaran Korem 062/Tn

“Pandemi Covid-19 tentu juga menjadi pertimbangan, baik Saudi maupun Indonesia, karena itu terkait kesehatan jemaah,” ujarnya.

Dibuka atau tidaknya akses layanan penyelenggaraan dari Arab Saudi sangat penting dan akan berpengaruh pada persiapan yang dilakukan negara pengirim jemaah, termasuk Indonesia. Tentu persiapan itu membutuhkan waktu. “Sampai saat ini belum ada kepastian sehingga sudah tidak ada waktu lagi untuk melakukan persiapan,” tandasnya. HUMAS

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Bunda Literasi Jabar Atalia Ridwan Kamil meninjau Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi di Perpustakaan Mutiara Ilmu Desa Ciparay, Kabupaten Bandung, Kamis (2/7/2020).

Nasional

Atalia Sebut Keluarga Berperan Penting Tumbuhkan Kebiasaan Membaca Anak

Nasional

Erupsi Sinabung. Sutopo: Pelajar Ini Lebih Tangguh dari Dilan 1990

Nasional

Sering Terkena Banjir, Kodam III Bantu Warga Baleendah

Nasional

Ridwan Kamil Lantik KPID Provinsi Jabar
Sekretaris Daerah Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja

Nasional

Pemdaprov Jabar keluarkan Maklumat untuk Tidak Mudik dan Tidak Piknik Tahun 2020
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur

Nasional

Highlight Capaian Reformasi Birokrasi 2016

Nasional

Kasus Ade, Selain di Cimahi , Kejati Jabar Telurusi Kasus di Sumedang

Nasional

Iwa Karniwa : Terimakasih Telah Menjadikan Jabar Kondusif