Menu

Mode Gelap

JATINANGOR · 6 Okt 2020 19:58 WIB ·

Pengadaan Insinerator Ramah Lingkungan di Tiap Desa Akan Dikaji

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: USEP ADIWIHANDA

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dan rombongan mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor, Selasa 6 Oktober 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE KUNJUNGAN KERJA: Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dan rombongan mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor, Selasa 6 Oktober 2020.

KOTA, SUMEDANGONLINE — Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah yang ada di Desa Hegarmanah Kecamatan sumedangonline.com/tag/jatinangor/">Jatinangor, Selasa 6 Oktober 2020.

Kunjungannya itu, dilakukan untuk mengecek kecanggihan mesin sumedangonline.com/tag/insinerator-ramah-lingkungan/">Insinerator Ramah Lingkungan yang merupakan teknologi pembakaran sampah dengan saringan plasma.

Wabup menyambut baik dengan adanya sumedangonline.com/tag/insinerator-ramah-lingkungan/">Insinerator Ramah Lingkungan itu. Pihaknya melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan terus memantau, agar mesin itu dapat digunakan di desa-desa yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Namun ini harus disempurnakan lagi, dan asap yang dikeluarkan itu maksimal 5 persen lah dari stiap pembakarannya. Agar itu benar-benar ramah lingkungan,” kata Ewan didampingi Kadisbuparpora, Kadis LHK,  DPPMD serta Camat sumedangonline.com/tag/jatinangor/">Jatinangor Hery Dewantara beserja Jajaran juga aparatur Desa Hegarmanah.

Baca Juga  PC PIRA Sumedang Gelar HUT ke-12 Secara Sederhana

Menurut Erwan, nantinya desa dapat menggunakan Dana Desa (DD) untuk pengadaan Insinerator itu. Pihak Pemkab Sumedang pun, akan memberikan subsidi silang agar desa mamu memili mesin pembakar sampah ramah lingkungan itu.

“Seperti misal harga Rp 100 juta, kita subsidi Rp 30 juta. Atau bisa fifty fifty (50-50). Tergantung dari nanti kesediaan dari desa itu sendiri. Atau nanti kita kaji dulu bersama,” tuturnya.

Baca Juga  Tim Haornas Sumedang Babak Belur Dipukuli Oknum Keamanan

Menurutnya, harga itu tidak terlalu besar untuk menanggulangi sampah yang ada di Kabupaten Sumedang. Dari pada tiapttahun, kata Erwan, harus menganggarkan miliaran rupiah untuk penanggulangan sampah.

“Apalagi ini juga menghasilkan listrik, ada manfaatnya walau tidak seberapa,” sebutnya.

Bila jerjalan, lanjut Erwan, desa-desa di Sumedang masih memilki lahan untuk membangun tempatnya. Mengingat dari contoh yang ada, lokasinya tidak begitu besar. Sehingga daripada TPS yang besar, cukup dengan membangun tempat untuk sumedangonline.com/tag/insinerator-ramah-lingkungan/">Insinerator Ramah Lingkungan itu. ***

Facebook Comments Box
sumedangonline.com/2020/10/pengadaan-insinerator-ramah-lingkungan-di-tiap-desa-akan-dikaji/" data-order-by="social" data-numposts="5" data-width="100%" style="display:block;">
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Pengurus IPSI Jatinangor Dilantik, Bupati: Akan Ada Juara Pencak Silat Tingkat Nasional Asal Jatinangor

13 Juni 2021 - 18:38 WIB

Pelantikan pengurus IPSI Kecamatan yang digelar di Saung Sabusu Jatinangor Kabupaten Sumedang, Minggu 13 Juni 2021.

Ismet: Alternatifnya Jatinangor Lepas dari Sumedang, Jika 2021 KPJ Kembali Diundur

19 November 2020 - 19:48 WIB

Nandang: Wacana Kawasan Perkotaan Jatinangor Pernah Dibahas, Tak Tuntas

29 Oktober 2020 - 12:19 WIB

Dikirim Air Bersih dari Golkar, Warga Cisempur Rela Antre Sampai Malam

18 Oktober 2020 - 22:48 WIB

Warga Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor tengah antre untuk mendapatkan air besih yang disalurkan Golkar Sumedang melalui Rumah Aspirasi Partai Golkar, Minggu 18 Oktober 2020.

Disidak Satpol PP dan DPMPTSP, Cafe Checo Siap Lengkapi Izin Usaha

5 Oktober 2020 - 23:29 WIB

Satpol PP, DPMPTSP Kabupaten Sumedang dan Forkopimcam Jatinangor saat sidak Cafe Checo yang berada di Jalan Raya Ir Soekarno Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, Senin 5 Oktober 2020.

Takut Banjir Lagi, Warga Solokan Jarak Cipacing Pertanyakan Realisasi Danau Retensi

1 Oktober 2020 - 12:56 WIB

Trending di JATINANGOR