Home / JATINANGOR

Selasa, 6 Oktober 2020 - 19:58 WIB

Pengadaan Insinerator Ramah Lingkungan di Tiap Desa Akan Dikaji

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dan rombongan mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor, Selasa 6 Oktober 2020.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE KUNJUNGAN KERJA: Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dan rombongan mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah di Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor, Selasa 6 Oktober 2020.


KOTA, SUMEDANGONLINE — Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, mengunjungi Tempat Pengelolaan Sampah yang ada di Desa Hegarmanah Kecamatan sumedangonline.com/tag/jatinangor/">Jatinangor, Selasa 6 Oktober 2020.

Kunjungannya itu, dilakukan untuk mengecek kecanggihan mesin sumedangonline.com/tag/insinerator-ramah-lingkungan/">Insinerator Ramah Lingkungan yang merupakan teknologi pembakaran sampah dengan saringan plasma.

Wabup menyambut baik dengan adanya sumedangonline.com/tag/insinerator-ramah-lingkungan/">Insinerator Ramah Lingkungan itu. Pihaknya melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan terus memantau, agar mesin itu dapat digunakan di desa-desa yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Namun ini harus disempurnakan lagi, dan asap yang dikeluarkan itu maksimal 5 persen lah dari stiap pembakarannya. Agar itu benar-benar ramah lingkungan,” kata Ewan didampingi Kadisbuparpora, Kadis LHK,  DPPMD serta Camat sumedangonline.com/tag/jatinangor/">Jatinangor Hery Dewantara beserja Jajaran juga aparatur Desa Hegarmanah.

Baca Juga  Beli Fortuner, Mendagri: sejauh mana pentingnya mobdin itu

Menurut Erwan, nantinya desa dapat menggunakan Dana Desa (DD) untuk pengadaan Insinerator itu. Pihak Pemkab Sumedang pun, akan memberikan subsidi silang agar desa mamu memili mesin pembakar sampah ramah lingkungan itu.

“Seperti misal harga Rp 100 juta, kita subsidi Rp 30 juta. Atau bisa fifty fifty (50-50). Tergantung dari nanti kesediaan dari desa itu sendiri. Atau nanti kita kaji dulu bersama,” tuturnya.

Baca Juga  Tak Hanya Donor, HUT ke-75 PMI Akan Diisi Pembagian Seribu Paket PHBS

Menurutnya, harga itu tidak terlalu besar untuk menanggulangi sampah yang ada di Kabupaten Sumedang. Dari pada tiapttahun, kata Erwan, harus menganggarkan miliaran rupiah untuk penanggulangan sampah.

“Apalagi ini juga menghasilkan listrik, ada manfaatnya walau tidak seberapa,” sebutnya.

Bila jerjalan, lanjut Erwan, desa-desa di Sumedang masih memilki lahan untuk membangun tempatnya. Mengingat dari contoh yang ada, lokasinya tidak begitu besar. Sehingga daripada TPS yang besar, cukup dengan membangun tempat untuk sumedangonline.com/tag/insinerator-ramah-lingkungan/">Insinerator Ramah Lingkungan itu. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

JATINANGOR

Ada Perbaikan, Listrik Mati

JATINANGOR

Relokasi Kantor Kecamatan Jatinangor, ini tanggapan warga

JATINANGOR

Banjir terus hantui warga Cimanggung

JATINANGOR

Ini Hasil Rapid Test Covid-19 Praja IPDN, Hari ke-3

JATINANGOR

Realisasi Pembangunan Kantor Kecamatan Jatinangor Disoal

JATINANGOR

Pembangunan monorel Rancakekek-Tanjungsari, ditolak

JATINANGOR

Masjid Uswatun Hasanah Bakal Tampung Ribuan Jamaah

JATINANGOR

Koperasi, Makin Terpuruk