Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 15 Des 2020 01:55 WIB ·

Tak Ingin Ada Aparat Desa Terjerat Hukum, DPMD Sumedang Gencar Lakukan Sosialisasi Regulasi Pengelolaan Keuangan Desa

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang menyelenggrakan Sosialisasi tentang regulasi pengelolaan keuangan Desa dihadiri oleh Kepala Desa dan Kasi PPM Kecamatan se- Kabupaten Sumedang bertempat di Hotel Kencana Sumedang.

IWAN RAHMAT GELAR SOSIALISASI: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumedang menyelenggrakan Sosialisasi tentang regulasi pengelolaan keuangan Desa dihadiri oleh Kepala Desa dan Kasi PPM Kecamatan se- Kabupaten Sumedang bertempat di Hotel Kencana Sumedang.

SUMEDANGDinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Sumedang gencar mengadakan sosialisasi tentang regulasi pengelolaan keuangan desa.

Menurut Kepala Bidang Keuangan dan Aset Desa Neng Yulia pada DPMD Kabupaten Sumedang, hal itu dilsakanakan agar tidak ada lagi aparat desa yang tejerat kasus hukum berkaitan dengan pengelolaan keuangan desa.

“Harapannya, setelah kami rutin melaksanakan pembinaan, melaksanakan sosialisasi. Mudah-mudahan di masa yang akan datang tidak ada lagi perangkat desa atau kepala desa yang terjerat hukum. Karena kalau ada itu akan terlibat semuanya,” ungkap Neng Yulia disela sosialisasi tentang regulasi pengelolaan keuangan desa yang dihadiri para Kepala Desa dan Kasi PPM Kecamatan se Kabupaten Sumedang di Hotel Kencana Sumedang. Senin, 15 Desember 2020.

Baca Juga  Sepekan Pelaksanaan PPKM Darurat di Sumedang Total Denda Administratif Tembus Rp25,5 Juta

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama empat hari menghadirkan para narasumber dari Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Sumedang, Inspektorat Kabupaten Sumedang dan BPKAD Sumedang.

Yulia mengatakan alasan kerap diadakannya sosialisasi tentang regulasi pengelolaan keuangan desa, selain sebagai salahsatu kewajiban DPMD Kabupaten Sumedang juga lantaran aturan-aturan tentang pengelolaan keuangan desa yang terus mengalami perubahan setiap tahunnya. Sehingga diperlukan adanya sosialisasi dan penjelasan bekenaan dengan teknis pengelolaan keuangan desa.

Baca Juga  Babinsa dan Forkopimda, Buka Jalan Alternatif di Surian

“Aturan-aturan tentang keuangan desa dari tahun ketahun berbeda-beda. Dan itu memungkinkan ada aparat desa belum mengetahui tentang aturan-aturan atau dasar hukum yang mereka akan pakai untuk pelaksanaan keuangan desa ini. Dan itu sebenarnya tugas kami di DPMD untuk memberikan penjelasan, memberikan sosialisasi peraturan yang harus dilaksanakan di desa tekait pengelolaan keuangan desa,” demikian Neng Yulia. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Pasca Insiden Unras, 135 Anggota Ormas GMBI Asal Sumedang Kena Sanksi Wajib Lapor

28 Januari 2022 - 17:58 WIB

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, saat memberikan arahan pada 135 anggota GMBI Sumedang di Mapolres Sumedang. Jumat, 28 Januari 2022.

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.
Trending di SUMEDANG