Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Rabu, 19 Mei 2021 - 17:40 WIB

Usai Libur Lebaran, Pemohon Kartu Kuning di Disnakertrans Sumedang Melonjak

Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani menunjukan surat edaran mengenai Sisnaker dari Kementerian Ketenagakerjaan.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE TUNJUKKAN: Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani menunjukan surat edaran mengenai Sisnaker dari Kementerian Ketenagakerjaan.


SUMEDANGONLINE, KOTA – Pemohon pembuatan Kartu Pencari Kerja/AK 1 atau yang biasa disebut kartu kuning, mengalami lonjakan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang.

Hal ini, terjadi usai lebaran Idul Fitri 1442 H. Banyak masyarakat khususnya yang akan melamar pekerjaan, mulai mengajukan permohonan pembuatan kartu kuning sebagai salahsatu syarat melamar kerja.

Ketika ditemui di kantornya, Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani mengatakan, pemohon pembuatan kartu kuning terjadi sejak hari pertama masuk kerja usai libur lebaran.

Baca Juga  Bhayangkari Fasilitasi Warga Sumedang, Cetak Akta Kelahiran

“Saat pusa biasanya kita melayani dua atau loma orang dan paling banyak sembilan orang dalam satu hari, sekarang, kemarin hari Senin sampai 49 orang, hari Selasa 46 orang,” katanya.

Sejak awal masuk lagi kerja, pihaknya mulai melakukan input secara online. Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker) yang dapat diakses melalui laman https://www.kemnaker.go.id.

Baca Juga  Pandemi, Aktivitas Perusahaan Harus Lapor Tiap Minggu ke Aplikasi SIINas

“Diharapkan kepada masyarakat, sebisa mungkin menginfo sendiri di rumah melalui aplikasi Sisnaker, sehingga datang ke MPP hanya untuk mencetaknya saja,” imbaunya.

Dari banyaknya pemohon kartu kuning, sebut Erni, kebanyakan akan melamar kerja ke pabrik.

“Tak hanya di Sumedang, luar Sumedang juga ada (pelamar kerja). Kebanyakan luar Sumedang, ke Majalengka sama Subang. Tapi ada juga untuk yang berjaga-jaga,” sebutnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Pencetakan Surat Suara Mencapai 85 Persen

Pilihan Redaksi

Kabupaten Pariwisata, Hari Ini Sumedang Gelar Tari Umbul Kolosal

SUMEDANG

Rencana, Digelar Paralayang Trip of Indonesia (TROI)

SUMEDANG

Pelanggan Telkomsel Sumedang Keluhkan Tidak Bisa Telpon

Politik

Ketua Komisi D setuju normalisasi Sungai Cicapar
Ketua Komisi I DPRD Kab. Sumedang, Asep Kurnia, menekankan agar Pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nya tidak lagi merekrut tenaga honorer baru. Hal itu ditegaskan Asep, saat melakukan audensi dengan sejumlah perwakilan tenaga honorer yang tergabung dalam Gabungan Tenaga Kerja Honorer Non Kategori +35 (GTKHNK+35) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumedang. Selasa, 8 September 2020.

Pilihan Redaksi

Komisi I DPRD Sumedang Minta OPD Tak Rekrut Tenaga Honorer Baru

OLAHRAGA

Indonesia jamu Puerto Rico berakhir 0-0

OLAHRAGA

Gowes Bareng Kodim 0610/Sumedang, Meriah