Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 19 Mei 2021 17:40 WIB

Usai Libur Lebaran, Pemohon Kartu Kuning di Disnakertrans Sumedang Melonjak

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Redaksi


 Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani menunjukan surat edaran mengenai Sisnaker dari Kementerian Ketenagakerjaan. Perbesar

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE/SUMEDANG ONLINE
Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani menunjukan surat edaran mengenai Sisnaker dari Kementerian Ketenagakerjaan.

SUMEDANGONLINE, KOTA – Pemohon pembuatan Kartu Pencari Kerja/AK 1 atau yang biasa disebut kartu kuning, mengalami lonjakan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang.

Hal ini, terjadi usai lebaran Idul Fitri 1442 H. Banyak masyarakat khususnya yang akan melamar pekerjaan, mulai mengajukan permohonan pembuatan kartu kuning sebagai salahsatu syarat melamar kerja.

Ketika ditemui di kantornya, Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani mengatakan, pemohon pembuatan kartu kuning terjadi sejak hari pertama masuk kerja usai libur lebaran.

“Saat pusa biasanya kita melayani dua atau loma orang dan paling banyak sembilan orang dalam satu hari, sekarang, kemarin hari Senin sampai 49 orang, hari Selasa 46 orang,” katanya.

Sejak awal masuk lagi kerja, pihaknya mulai melakukan input secara online. Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker) yang dapat diakses melalui laman https://www.kemnaker.go.id.

“Diharapkan kepada masyarakat, sebisa mungkin menginfo sendiri di rumah melalui aplikasi Sisnaker, sehingga datang ke MPP hanya untuk mencetaknya saja,” imbaunya.

Dari banyaknya pemohon kartu kuning, sebut Erni, kebanyakan akan melamar kerja ke pabrik.

“Tak hanya di Sumedang, luar Sumedang juga ada (pelamar kerja). Kebanyakan luar Sumedang, ke Majalengka sama Subang. Tapi ada juga untuk yang berjaga-jaga,” sebutnya. ***

Artikel ini telah dibaca 423 kali

Baca Lainnya

Di Pasir Landak Sumedang Ditemukan Batu Columnar Joint yang Timbulkan Nada Unik

23 Juni 2024 - 04:37 WIB

Kepala Bidang Kebudayaan, Moh. Budi Akbar, saat meninjau langsung batu columnar joint di Pasir Landak di Desa Nagrak, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Kesenian Abad XV, Terbang Buhun Pusaka Karuhun Masih Tetap Eksis

22 Juni 2024 - 04:55 WIB

Penampilan Grup Seni Terbang Buhun Pusaka Karuhun saat pentas di Acara Ngabungbang. Kamis, 20 Juni 2024 malam.

Melalui Program SAMAWANA, Pj. Bupati Sumedang Sumbang Bibit Ayam Ternak

22 Juni 2024 - 03:43 WIB

Yudia Ramli selaku Pj. Bupati Sumedang menyerahkan langsung bibit ayam ternak tersebut saat saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Cimalaka. Jum'at (21/6/2024).

Pj Bupati Sumedang Puji Program SAMAWANA, Berharap Dapat Diikuti Kecamatan Lainnya

21 Juni 2024 - 20:26 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau pengelolaan perkebunan pisang di Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangpaatna (SAMAWANA). Jumat (21/6/2024).

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

21 Juni 2024 - 15:21 WIB

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

20 Juni 2024 - 16:24 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG