Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 19 Mei 2021 17:40 WIB ·

Usai Libur Lebaran, Pemohon Kartu Kuning di Disnakertrans Sumedang Melonjak

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani menunjukan surat edaran mengenai Sisnaker dari Kementerian Ketenagakerjaan.

IWAN RAHMAT/SUMEDANGONLINE TUNJUKKAN: Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani menunjukan surat edaran mengenai Sisnaker dari Kementerian Ketenagakerjaan.

SUMEDANGONLINE, KOTA – Pemohon pembuatan Kartu Pencari Kerja/AK 1 atau yang biasa disebut kartu kuning, mengalami lonjakan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang.

Hal ini, terjadi usai lebaran Idul Fitri 1442 H. Banyak masyarakat khususnya yang akan melamar pekerjaan, mulai mengajukan permohonan pembuatan kartu kuning sebagai salahsatu syarat melamar kerja.

Ketika ditemui di kantornya, Plt Kasi Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Sumedang, Erni Haerani mengatakan, pemohon pembuatan kartu kuning terjadi sejak hari pertama masuk kerja usai libur lebaran.

Baca Juga  Pahami Rasionalisasi Pegawai secara rasional

“Saat pusa biasanya kita melayani dua atau loma orang dan paling banyak sembilan orang dalam satu hari, sekarang, kemarin hari Senin sampai 49 orang, hari Selasa 46 orang,” katanya.

Sejak awal masuk lagi kerja, pihaknya mulai melakukan input secara online. Kementerian Ketenagakerjaan telah membangun Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker) yang dapat diakses melalui laman https://www.kemnaker.go.id.

Baca Juga  Ratusan Peserta Ikut Seleksi Calon Tenaga Kerja ke Jepang

“Diharapkan kepada masyarakat, sebisa mungkin menginfo sendiri di rumah melalui aplikasi Sisnaker, sehingga datang ke MPP hanya untuk mencetaknya saja,” imbaunya.

Dari banyaknya pemohon kartu kuning, sebut Erni, kebanyakan akan melamar kerja ke pabrik.

“Tak hanya di Sumedang, luar Sumedang juga ada (pelamar kerja). Kebanyakan luar Sumedang, ke Majalengka sama Subang. Tapi ada juga untuk yang berjaga-jaga,” sebutnya. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 309 kali

Baca Lainnya

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.

Keraton Sumedang Larang Imbau Ketum PDI Perjuang Berikan Sanksi Tegas pada Atreria Dahlan

19 Januari 2022 - 21:21 WIB

H.R.I Lukman Soemadisoeria selaku PYM Sri Radya Karaton SUmedang Larang saat menyampaikan sikap Keraton Sumedang Larang atas pernyataan Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan yang meminta Kajati Jabar untuk dipecat karena menggunakan bahasa Sunda.

Jelang Porprov XIV Jawa Barat, KONI Sumedang Gelar Evaluasi Program Kerja

18 Januari 2022 - 17:43 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, dihadiri jajaram pengurus Koni Sumedang dan perwakilan cabor yang berada dibawah Koni Kab Sumedang. Selasa (18/01/2022)
Trending di SUMEDANG