Home / OLAHRAGA / Pilihan Redaksi

Sabtu, 24 Juli 2021 - 17:46 WIB

Indonesia Rebut Perunggu Pertama di Olimpiade Tokyo 2020

Windy Cantika Aisah berhasil merebut medali perunggu dari cabang angkat besi kelas 49 kilogram putri di Olimpiade Tokyo 2020. Sabtu, 24 Juli 2021.

REUTERS / EDGARD GARRIDO RAIH PERUNGGU: Windy Cantika Aisah berhasil merebut medali perunggu dari cabang angkat besi kelas 49 kilogram putri di Olimpiade Tokyo 2020. Sabtu, 24 Juli 2021.


SUMEDANGONLINE, TOKYO – Windy Cantika Aisah berhasil merebut medali perunggu dari cabang angkat besi kelas 49 kilogram putri di Olimpiade Tokyo 2020. Sabtu, 24 Juli 2021.

Catatan prestasi itu langsung mendapat selamat dari Presiden Joko Widodo  yang disampaikan Menpora Amali dengan menelpon langsung.

Usai mendapatkan kabar lifter Windy mendapatkan medali perunggu. Menpora Amali yang juga mewakili Presiden Jokowi langsung video call pelatih angkat besi Indonesia, Dirdja Wihardja dan CdM kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo, Rosan Roeslani dan Windy sendiri sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas pencapaian yang luar biasa tersebut.

“Saya sudah video call dengan Pak Dirdja dan Pak Rosan (CDM/Ketum PABSI) dan Windy. Alhamdulillah (meraih medali perunggu),” kata Menpora Amali di Jakarta.

Menpora mengapresiasi medali perdana Indonesia di Olimpiade Tokyo tersebut. Dia berharap atlet-atlet lain dari berbagai cabang olahraga bisa meraih prestasi sehingga bisa memperbaiki peringkat di olimpiade. Pada Olimpiade Rio De Janeiro tahun 2016 lalu, Indonesia berada di peringkat 40.

Baca Juga  Anthony Tumbang Dibabak Semifinal, Dikalahkan Pemain China

“Kepada Windy, pelatih, CdM dan ofisial saya ucapkan terimakasih atas pencapaian yang membanggakan Indoensia. Ini hasil dari kerja keras selama ini,” jelasnya.

Windy merebut medali dengan total angkatan 194 kilogram. Medali emas direbut wakil China Zhihui Hou dan medali perak menjadi milik wakil India Chanu Saikhom Mirabai. Windy sempat gagal dalam upaya pertama snatch di berat 84 kilogram. Lifter 19 tahun itu kemudian sukses melakukan angkatan 84 kilogram di usaha kedua, namun kemudian gagal pada usaha snatch ketiga di 87 kilogram.

Baca Juga  Hari ini, Tim Peneliti Cagar Budaya Terjun Langsung ke Benteng Batrai

Windy mengakhiri angkatan snatch di posisi keempat di bawah Zhihui Hou yang memecahkan rekor snatch Olimpiade dengan 94 kilogram, Chanu Saikhom (87 kg), dan Jourdan Elizabeth De La Cruz (86 kg).

Pada angkatan clean and jerk, Windy sukses mengangkat 103 kilogram pada usaha pertama. Lifter asal Bandung, Jawa Barat, itu mempertajam total angkatan setelah melakukan clean and jerk di 108 kilogram pada usaha kedua.

Windy kemudian sukses melakukan angkatan clean and jerk di 110 kilogram pada usaha ketiga. Angkatan itu membuat Windy memastikan medali perunggu dengan total angkatan 194 kilogram. Ini adalah medali pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Sementara Zhihui Hou asal China menciptakan rekor Olimpiade dengan total angkatan 210 kilogram, sementara Chanu Saikho. ***amr

Sumber Berita: kemenpora

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Ingat Parpol, KPU Sumedang Bisa Mencoret Seluruh Caleg di Dapil Tertentu Jika …

Pilihan Redaksi

Damkar Telat, Rumah Eti Ludes Terbakar

OLAHRAGA

Yudi Purwana : Open Grasstrack 2019″, Hadiahnya 70 Juta

PENDIDIKAN

Resmi SMPN 1 Sumedang, Jadi Sekolah Rujukan

Pilihan Redaksi

Mantan Sekda Sumedang Ini Dukung Paslon Doamu Esa

PENDIDIKAN

Diabaikan, Sejumlah Anggota Komisi A DPRD Sumedang Ngaku Kecewa

Pilihan Redaksi

Pembayaran Dua Ha Lahan Pemda Sumedang Tunggu Apresal

Pilihan Redaksi

Sambut Tahun Baru Islam, Warga Karangpakuan Rela Jalan Kaki 4 Kilometer