Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 13 Jul 2021 16:36 WIB ·

Jelang Kurban, Kadis Peternakan: Pasar Hewan Ditutup, Pembelian Cukup Online

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Redaksi


 Kepala Dinas Perikanan dan  Peternakan Kabupaten Sumedang, Nandang Suparman Perbesar

Iwan Rahmat/SO/SUMEDANG ONLINE
Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang, Nandang Suparman

SUMEDANG – Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) pasar hewan di Kabupaten Sumedang tutup hingga 20 Juli 2021 mendatang. Meski demikian sebut Kepala Dinas Perikanan dan  Peternakan Kabupaten Sumedang, Nandang Suparman bagi yang membutuhkan hewan kurban dapat melakukan pembelian hewan kurban secara daring.

“Untuk pasar hewan sendiri sampai dengan tanggal 20 Juli ditutup, tidak ada aktifitas. Tidak dilaksanakan secara offline, tapi dilaksanakan secara online,” ungkap Nandang.

Sementara untuk memantau kesehatan hewan kurban di masa pandemi ini, Nandang menyebutkan pihaknya telah membentuk satuan tugas (Satgas) pengawasan kesehatan hewan yang ada di masing-masing kecamatan.

“Sudah barang tentu ini tidak dilakukan tahun ini, juga sama tidak jauh berbeda dari tahun 2020. Karena diantisipasi jangan sampai ada penyakit hewan yang masuk ke hewan yang ada di Kabupaten Sumedang,” imbuhnya.

Bahkan sebut Nandang, pengawasan Kesehatan Hewan tak hanya jelang Idul Adha saja tapi dilakukan secara rutin. Sehingga dia pun memastikan hewan kurban yang dikonsumsi masyarakat aman dari penyakit seperti antraks.

“Yang jelas kami sudah menyebar Satgas pengawasan kesehatan hewan di masing-masing kecamatan yang diwakili 10 UPTD di Kabupaten Sumedang. Kegiatan pengawasan pengecekan hewan dari luar wilayah sudah menjadi kegiatan rutin kami bukan hanya di hari raya saja, karena para penjual hewan ternak juga tidak akan berani menjual tanpa ada rekomendasi dari kami,” demikian Nandang Suparman. ***

Artikel ini telah dibaca 279 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG