Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 9 Jul 2021 23:41 WIB

Pemakaman Jezanah COVID-19 dilakukan Satgas Kecamatan dan Desa

Reporter: Fitriyani Gunawan | Editor: Redaksi


 Kepala Bidang komunikasi Publik Satgas COVID19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri  saat melakukan monitoring di Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Rabu, 7 Juli 2021. Perbesar

Istimewa/SUMEDANG ONLINE
Kepala Bidang komunikasi Publik Satgas COVID19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri saat melakukan monitoring di Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Rabu, 7 Juli 2021.

SUMEDANG – Kepala Bidang Komunikasi Publik pada Satgas COVID-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri megatakan satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Sumedang telah membuat keputusan baru terkait pemulasaraan jenazah terkonfirmasi COVID-19 di Sumedang. Baik mereka yang meninggal di RSUD maupun non-RSUD Sumedang, proses penggalian liang kubur hingga proses penguburan dilakukan pihak Satgas Kecamatan dan Desa.

“Ini sebagai solusi atas melonjaknya kasus meninggal dan kekurangan tenaga pemulasaraan jenazah di RSUD Sumedang,” jelas Iwa dalam keterangan persnya pada Media. Jumat, 9 Juli 2021.

Dikatakan dia, jika sebelumnya semua proses pemulasaraan jenazah yang meninggal di RSUD dilakukan pihak RSUS Sumedang, hingga penguburan. Ke depannya, sebut dia, RSUD hanya melakukan pemulasaraan jenazah, dan mengantar ke lokasi pemakaman. Sedangkan untuk penggalian liang kubur dan proses penguburan dilakukan oleh pihak satgas kecamatan dan Desa.

Termasuk lanjutnya, bagi Jenazah yang dimeninggal di rumah atau di Puskesmas, sebelumnya dibawa ke RSUD oleh PSC 119 lalu di pulasara di RSUD, dan diantar ke tempat pemakaman. Ke depan, semuanya akan dilakukan oleh Satgas Kecamatan dan Desa.

“Mereka yang di Kecamatan dan di Desa, akan di bombing oleh Petugas Kecamatan setempat dan untuk kantong jenazah dan peti mati akan disiapkan oleh Puskesmas,” terang Iwa.

Untuk memudahkan komunikasi, maka warga masing-masing kecamatan dapat menghubungi PSC 119 atau ke Puskesmas masing-masing kecamatan, atau melalui contact senter COVID-19 di kecamatan masing-masing. ***

Artikel ini telah dibaca 55 kali

Baca Lainnya

Di Pasir Landak Sumedang Ditemukan Batu Columnar Joint yang Timbulkan Nada Unik

23 Juni 2024 - 04:37 WIB

Kepala Bidang Kebudayaan, Moh. Budi Akbar, saat meninjau langsung batu columnar joint di Pasir Landak di Desa Nagrak, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang.

Kesenian Abad XV, Terbang Buhun Pusaka Karuhun Masih Tetap Eksis

22 Juni 2024 - 04:55 WIB

Penampilan Grup Seni Terbang Buhun Pusaka Karuhun saat pentas di Acara Ngabungbang. Kamis, 20 Juni 2024 malam.

Melalui Program SAMAWANA, Pj. Bupati Sumedang Sumbang Bibit Ayam Ternak

22 Juni 2024 - 03:43 WIB

Yudia Ramli selaku Pj. Bupati Sumedang menyerahkan langsung bibit ayam ternak tersebut saat saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Cimalaka. Jum'at (21/6/2024).

Pj Bupati Sumedang Puji Program SAMAWANA, Berharap Dapat Diikuti Kecamatan Lainnya

21 Juni 2024 - 20:26 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau pengelolaan perkebunan pisang di Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangpaatna (SAMAWANA). Jumat (21/6/2024).

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

21 Juni 2024 - 15:21 WIB

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

20 Juni 2024 - 16:24 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG