Kabid Pariwisata Sumedang Curhat Sektor Pariwisata Paling Terdampak Pandemi

Elan Nagari selaku Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbudpora Kabupaten saat memberikan sambutan pada acara pelatihan Video Camp 2021 Pemanfaatan Video Storytelling Untuk Sebagai Media Promosi Kabupaten Sumedang. Selasa, 22 Desember 2021.
Tangkapan Layar Zoom/SUMEDANGONLINE
Elan Nagari selaku Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbudpora Kabupaten saat memberikan sambutan pada acara pelatihan Video Camp 2021 Pemanfaatan Video Storytelling Untuk Sebagai Media Promosi Kabupaten Sumedang. Selasa, 22 Desember 2021.

SUMEDANGONLINE, Disparbudpora: Adanya pandemi Covid-19 bidang yang paling terdampak, adalah bidang pariwisata. Hal itu dikatakan Elan R Nagari selaku Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbudpora Kabupaten saat memberikan sambutan pada acara pelatihan Video Camp 2021 Pemanfaatan Video Storytelling untuk Sebagai Media Promosi Kabupaten Sumedang. Selasa, 22 Desember 2021.

Acara yang digelar atas kerjasama Telkom University dan Disparbudpora ini merupakan salah satu rangkaian abdimas kolaborasi yang digelar oleh Dosen-dosen Telkom University, khususnya Fakultas Industri Kreatif dan Fakultas Komunikasi Bisnis di Sumedang. Salah satu rangkaian tersebut adalah pemberian materi produksi video storytelling yang dilakukan secara online mulai  22-24 24 Desember 2021.

Selama lima hari para peserta diberikan kesempatan untuk membuat konten video tentang potensi pariwisata, yang hasil produksinya akan digelar dan disaksikan bersama secara langsung (luring) pada tanggal 30 Desember 2021. Kegiatan Pelatihan Video Camp 2021 itu sendiri diikuti oleh para penggiat pariwisata, pelajar dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Polres Sumedang dan Karang Taruna Darmaraja Bersihkan Sampah di Pantai Ejot

“Sudah saya sampaikan berkali-kali, bahwa dengan adanya pandemi bidang yang paling terdampak adalah bidang Pariwisata. Okupansi hotel kita sampai pernah hanya di bawah 18 persen. Industi pariwisata kita yang dirumahkan, yang di shift, yang terdampak sampai pernah sampai 89 persen. Ini luar biasa dimana ada lagi reskeduling angaran, re skeduling cicilan perbankan di Industri Pariwisata dan lain sebagainya. Ini luar biasa Pariwisata, sangat-sangat terdampak pandemi yang sudah dua tahun kita rasakan dan ini tidak hanya menimpa kabupaten Sumedang saja. Ini juga menimpa semua kabupaten/kota di Indonesia dan mungkin di seluruh belahan dunia,” ujar Elan saat memberikan sambutan pembukaan pada acara tersebut.

Baca Juga  Gubernur DKI Jakarta, Sambut Baik Festival Kopi dan Tahu Sumedang

Menurut dia, agak sulit untuk mencoba bagaimana untuk kembali menggiatkan pariwisata di tengah masa pandemi. Namun, sebut dia, dengan adanya kegiatan pelatihan Video Camp 2021 Pemanfaatan Video Storytelling Untuk Sebagai Media Promosi Kabupaten Sumedang ada harapan besar untuk membantu promosi pariwisata.

“Kenapa saya apresiasi, kalau kita hanya berbicara tentang alam, tentang gunung, tentang bukit, ya mungkin semua tempat juga ada. Namun dengan adanya invisible ada storytelling terkait dengan cerita ini berkaitan dengan cerita yang lain. Ini kan sesuatu yang bisa menjadi pembeda,” ungkapnya.

Baca Juga  528 Vendor Wedding Organizer Turut Serta Divaksin

Karena itu dia berharap para peserta dapat mengexplore seluas-luasnya. Menurut Elan, Sumedang bisa diceritakan disiang hari, namun juga Sumedang bisa diceritakan di malam hari. “Sumedang bisa diceritakan kehidupannya dini hari dan lain sebagainya, jadi setiap ruang, setiap waktu, setiap tempat di Sumedang ini mudah-mudahan bisa menjadi destinasi wisata. Bisa menjadi penggerak, triger untuk pariwisata. Bagaimana setiap tempat adalah tempat wisata, setiap orang adalah pemandu wisata. Jadi bagaimana hari ini, dengan adanya kegiatan ini bisa memotret, bisa menceritakan Sumedang dari sudut kamera, dari sudut tenant-tenant yang luar biasa. Sehingga menceritakan Sumedang akan lebih menarik,” tandasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK