SUMEDANG

MMJ Ingin Jadikan Sukamenak Desa Wisata Unggulan di Kabupaten Sumedang

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan
Foto bersama usai kesepakatan menjadikan Desa Sukamenak sebagai Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Sumedang.
Foto bersama usai kesepakatan menjadikan Desa Sukamenak sebagai Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Sumedang. | FOTO: Iwan Rahmat/SO

SUMEDANGONLINE, Darmaraja: H Asep Koswara selaku Sekretaris Mitra Madani Jatigede (MMJ) Sagara Munjul Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, menyebutkan pihaknya saat ini ingin menjadikan wilayahnya sebagai desa wisata unggulan di Kabupaten Sumedang.

“Kenapa bisa seperti itu? Karena perlu diketahui Desa Sukamenak memiliki Pesisir Waduk Jatigede, ditambah ada Pasir Kuda serta Legok Nyenang lalu Pasir Piring, Cibatok, sampai Ciherang Panon. Semuanya meliki ciri khas, jika kita gali potensi dengan penataan yang terstruktur dan teroganisir,” ujar Asep.

Hal itu sebut dia, seiring telah adanya kata sepakat dari Pemerintah Desa, BPD, dan tokoh masyarakat di Desa Sukemanak dalam musyawarah yang digelar pada 26 Desember 2021 lalu. Musayarah tersebut mencetuskan Sukamenak sebagai Desa Wisata.

Baca Juga  Perpanjangan tanggap darurat tergantung besok

“Untuk tahapannya kita sudah rumuskan dengan para ahli guna menuju Desa Wisata Sukamenak pada Tahun 2023 nanti,” jelasnya.

Selain itu pihaknya telah membentuk tim Perumus diantaranya, Prof. Opan dari Unpad, Prof. Amir dari UPI Bandung, Doktor. Arifin Rektor Unsap, Asep Koswara praktisi perbankan, H. Tarlan Pejabat di Kabupaten Tasik, H. Harun pengusaha Nasional, dan H. Mahmud PM dari Kota Cimahi.

Baca Juga  Putra Sumedang Ini Paparkan Pengelolaan Sampah di Kemenhan RI

“Untuk tahapan selanjutnya yakni, analisis lapangan, lalu membuat master plan berikut RAB, terakhir eksekusi lapangan pada tahun 2023 untuk pencanangan Desa Wisata Desa Sukamenak,” pungkasnya. ***

Tinggalkan Balasan