SUMEDANG

Percepatan Perekaman e-KTP Pemula, Disdukcapil Jemput Bola ke SMAN 1 Cimalaka

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Redaksi
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi) Kabupaten Sumedang melakukan jemput bola perekaman e-KTP Pemula di SMA Negeri 1 Cimalaka. Senin, 7 Februari 2022.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi) Kabupaten Sumedang melakukan jemput bola perekaman e-KTP Pemula di SMA Negeri 1 Cimalaka. Senin, 7 Februari 2022. | FOTO: Iwan Rahmat/SO

SUMEDANGONLINE, Cimalaka: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi) Kabupaten Sumedang melakukan jemput bola perekaman e-KTP Pemula di SMA Negeri 1 Cimalaka. Senin, 7 Februari 2022.

Kabid Pelayanan Kependudukan Disdukcapil Sumedang Ferry Fardians mengatakan program Si Moyan Go to School merupakan salah satu pelayanan berupa perekaman terhadap siswa-siswi SMA dan sederajat di Kabupaten Sumedang dengan mendatangi sekolah-sekolah.

“Perekaman KTP pemula di atas 17 tahun dengan peserta siswa-siswi SMA/SMK/MA. Kita mencoba melakukan percepatan perekaman dengan cara datang langsung ke tiap sekolah yang ada di Kabupaten Sumedang,” kata Ferry.

Kegiatan tersebut, kata Ferry, rutin dilakukan setiap minggu oleh Disdukcapil untuk mengakselerasi target nasional perekaman KTP pemula bagi warga yang berusia diatas 17 tahun.

“Di SMAN 1 Cimalaka ada 400 siswa yang usianya 17 tahun. Minggu lalu kami sudah melakukan perekaman kepada 90 orang. Rencananya semua siswa akan kami rekam, begitu pula sekolah lainnya,” kata Ferry.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan, terobosan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam memberikan kemudahan pelayanan Adminduk kepada warga.

“Ini adalah bagian dari upaya Pemda memiliki fungsi pelayanan kepada masyarakat untuk mendapatkan adminduk. Para siswa tidak usah lagi jauh-jauh datang ke Disdukcapil untuk mengurus KTP,” tuturnya.

Dikatakan Bupati, untuk pelayanan Adminduk, Pemda sudah mempunyai aplikasi Silasidakep melalui Sumedangkab.go.id dengan cukup menginput data, tinggal menunggu beberapa hari kemudian KTP akan diantar Kantor Pos gratis.

“Ini sebagai pelaksanaan Visi Keempat yaitu Profesional Aparaturnya dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saya sampaikan kepada semua aparatur harus siap mempermudah urusan rakyat, termasuk kepengurusan KTP,” demikian Bupati Sumedang. ***

Tinggalkan Balasan