WISATA

Sumedang Kembangkan Destinasi Wisata Ramah Lingkungan

Penulis: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menebar 50.000 ekor benih ikan di bantaran sungai Cipeles, Rabu (23/3/2022).
Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menebar 50.000 ekor benih ikan di bantaran sungai Cipeles, Rabu (23/3/2022). | FOTO: Istimewa via Humas Setda Sumedang

SUMEDANG ONLINEKabupaten Sumedang, Jawa Barat tengah mengembangkan objek wisata berbasis lingkungan.

Salahsatunya dengan pemanfaatan alirasn sungan, sebagai alternatif wisata lingkungan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dikatakan Bupati Sumedang dengan memiliki aliran sungai yang bersih dan terpelihara maka Sumedang ke depan layak menjadi destinasi wisata berbasis lingkungan.

Baca Juga  DPD HILLSI Jawa Barat Inginkan LPK Tetap Aktif Meski di Tengah Pandemi Covid-19

“Pemkab Sumedang berkomitmen agar sungai-sungai bisa bersih maka harus dimulai dari hulunya dengan tidak membuang sampah dan limbah kotoran secara sembarangan ke sungai,” kata Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir selepas kegiatan penebaran benih ikan dan peresmian masjid Al-Barokah. Rabu (23/3/2022).

Baca Juga  Bupati Berharap GENPPARI Jadi Mitra Pemerintah Majukan Wisata Sumedang

Dony mengatakan, untuk mengantisipasi pencemaran sungai, pihaknya kini tengah menyiapkan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal di sekitar sungai sungai di Sumedang.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tempat pembuangan sampah dan beberapa roda di sekitar sungai supaya orang tidak buang limbah kotoran ke sungai.

Baca Juga  Kendaraanya Diminta Putar Balik, Ayu Ting Ting Mengaku Tak Tahu Aturan Ganjil Genap di Kota Bogor

“Kita siapkan IPAL komunal di sekitar sungai sehingga warga tidak buang kotoran dari rumah. Kemudian kami siapkan tempat pembuangan dan roda di sekitar sungai supaya orang tidak buang sampah sungai dan kami rencanakan juga sungai sebagai tempat wisata,” tuturnya. ***

Tinggalkan Balasan