Sore Ini Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan

Observatorium MAN 1 Surakarta
dok. Istimewa/SUMEDANGONLINE
Observatorium MAN 1 Surakarta

SUMEDANG ONLINE – Sekira pukul 17.00 WIB, 1 April 2022. Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat penentuan Awal Ramadhan 1443 Hijriah.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan sidang Isbat akan dilakukan secara hybrid atau gabungan antara offline maupun online.

Sidang isbat yang dilakukan secara luring akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sedangkan, peserta lainnya dapat mengikuti sidang melalui telekonferensi yang digelar secara daring.

Menurut Adib, digelarnya sidang isbat berdasarkan dengan Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang isbat juga selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.

Baca Juga  Jabar Terima Tiga Mobil Listrik dari Hyundai, Akan Dijadikan Kendaraan Operasional Gubernur

Dalam sidang Isbat kali ini juga akan melibatkan duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam, perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

“Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang,” terang Adib, dalam siaran persnya. ***

Baca Juga  Vaksin Sinovac Resmi Dinyatakan Halal Setelah Bio Farma Terima Sertifikat dari Kemenag

Berikut Adalah Tahapan Sidang Isbat penentuan Awal Ramadhan:

1. Pada tahap pertama, Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag akan memberikan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Pemaparan dilakukan mulai pukul 17.00 WIB yang akan disiarkan melalui live streaming.

2. . Pelaksanaan sidang Isbat Awal Ramadan 1443 Hijriah digelar secara tertutup setelah Salat Magrib.

Di samping data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 101 lokasi di seluruh Indonesia.

Baca Juga  OTD Jatigede, Ontrog Istana Negara. Minta Perpres Dicabut

Kemudian, secara hisab, kata Adib, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Jumat, 1 April 2022 M atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 13.24 WIB.

Yang mana ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit.

3. Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK