Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 25 Mei 2022 19:28 WIB

Antisipasi TPT TPU Cijambe Abrasi, BPBD Sumedang Serahkan Bantuan Terpal dan Karung

Reporter: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH | Editor: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH


 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang menyerahkan bantuan berupa terpal dan karung yang diserahkan kepada pengelola makam Cijambe sebagai antisipasi pencegahan longsor di TPU Lingkungan Cijambe RT 001/007 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Perbesar

Suhaya / SO/SUMEDANG ONLINE
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang menyerahkan bantuan berupa terpal dan karung yang diserahkan kepada pengelola makam Cijambe sebagai antisipasi pencegahan longsor di TPU Lingkungan Cijambe RT 001/007 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG ONLINE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang menyerahkan bantuan berupa terpal dan karung yang diserahkan kepada pengelola makam Cijambe sebagai antisipasi pencegahan longsor di TPU Lingkungan Cijambe RT 001/007 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang.

Kepala BPBD Sumedang Atang Sutarno melalui Kasi Kedaruratan Bencana dan Logistik, Asep Ramdani mengatakan bantuan yang diberikan BPBD Sumedang sebagai langkah upaya dan antisipasi pencegahan abrasi TPT TPU Cijambe yang sifatnya sementara agar tidak terjadi longsor kembali.

“Berharap dengan bantuan berupa terpal dan karung dapat mengurangi kelongsoran yang terjadi di TPU Cijambe sebelumnya, dan kejadian longsor yang terjadi di TPU Cijambe, didapat dari informasi awak media Sumedang Online dan lembaga LP-KPK,” ujar Asep Ramdani.

Selanjutnya atas dasar informasi yang disampaikan pihak BPBD langsung ke lokasi, sekaligus memberikan bantuan berupa terpal dan karung untuk digunakan meminimalisir longsor dan selanjutnya akan ditindak lanjuti melalui laporan kepihak yang terkait.

Pengelola Makam TPU Cijambe, Ade Sutarsa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Sumedang, dalam hal ini BPBD Sumedang, yang telah memberikan bantuan terpal dan karung. Karung dan terpal tersebut nantinya akan dipergunakan untuk menahan tanah agar tidak terjadi lagi longsor.

Meski begitu dia pun berharap ada kelanjutan TPU untuk dapat diperbaiki secara permanen/ditembok agar lebih kokoh lagi.

Senada disampaikan Ketua Komcab LP-KPK Sumedang, Ande Kusman dia pun mengaku bersyukur atas respon yang diberikan pemerintah.

“Alhamdulilah dan terima kasih kepada BPBD Sumedang, yang telah memberikan bantuan alat berupa terpal dan karung guna pencegahan longsor yang terjadi di TPU Cijambe ini. Dan kami juga mengapresiasi atas kesigapan dari BPBD Sumedang atas informasi yang disampaikan dan langsung terjun dan langsung ke lokasi kejadian, sekaligus memberikan bantuan sebagai pencegahan longsor dan kami berharap dapat dilanjutkan dengan perbaikan dengan ditembok, agar lebih aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang jiarah ke makam Cijambe,” pungkasnya. ***

Artikel ini telah dibaca 65 kali

Baca Lainnya

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).

Sumedang Terbitkan Edaran Larangan Judi Online

3 Juli 2024 - 21:07 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli

Ngalaksa dan Tarawangsa Rancakalong Masuk Warisan Budaya Tak Benda

2 Juli 2024 - 22:56 WIB

Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli menyerahkan secara simbolis sertifikat penetapan upacara adat Ngalaksa dan Seni Tarawangsa yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada Camat Rancakalong Cecep Supriatna dan para pelaku seni Tarawangsa dalam acara pembukaan Upacara Adat Ngalaksa di Desa Wisata Rancakalong. Selasa (2/7/2024).

Masalah Paspor, Satu Jamaah Haji Asal Sumedang Tertinggal di Makkah

27 Juni 2024 - 13:19 WIB

Trending di SUMEDANG