Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 1 Sep 2022 07:11 WIB ·

Antusiasme Warga Berburu Ayam yang Dilepas Bupati Sumedang Saat Peringatan HUT Desa Cimungkal

Reporter: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH | Editor: ACENG SYARIF HIDAYATULLAH


 Bupati Sumedang H Dony Ahamad Munir sesaat akan melepas ayam yang akan diburu warga Cimungkal dalam ritual Ngahurip Lembur, memeringati 175 Tahun Desa Cimungkal Kecamatan Wado. Rabu, 31 Agustus 2022. Perbesar

Fitriyani/SO/SUMEDANG ONLINE
Bupati Sumedang H Dony Ahamad Munir sesaat akan melepas ayam yang akan diburu warga Cimungkal dalam ritual Ngahurip Lembur, memeringati 175 Tahun Desa Cimungkal Kecamatan Wado. Rabu, 31 Agustus 2022.

SUMEDANG ONLINE – Warga Desa Cimungkal berbondong-bondong memadati Lapang Sepakbola Desa Cimungkal yang menjadi pusat perhelatan Peringatan Hari Jadi ke-175 Desa Cimungkal. Beberapa kali MC mengingatkan mereka untuk tak terlalu mendekat.

Apa sebenarnya yang membuat mereka penasaran?

Ya, mereka akan berlomba-lomba menangkap sejumlah ternak yang akan dilepas oleh Bupati Sumedang, Camat Wado dan Kepala Desa Cimungkal.

Kegiatan berburu ternak tersebut sudah menjadi hal lumrah saat memeringat hari jadi desa tersebut, sehingga warga langsung tumpa ruah menyaksikan, dan turut serta dalam acara tersebut.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari budaya Ngahurip Lembur,” ujar Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir sesaat sebelum melepas ayamnya yang berwarna putih.

Teknisnya sebut Dony, ternak-ternak tersebut akan dilepas dan kemudian masyarakat akan berburu untuk menangkapnya. “Ternak-ternak ini nanti dilepas, dan masyarakat nantinya berburu. Semuanya (ternak) dilepas, nanti masyarakat yang menangkapnya, jadi ternak ternak ini disedakahkan,” imbuhnya.

Dengan hitungan 1,2,3 ternak-ternak tersebut dilepas serentak. Dan masyarakat yang berjubel langsung melakukan perburuan. ***

Artikel ini telah dibaca 34 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG