Sekda Sumedang Optimistis Menara Kujang Bakal Jadi Magnet Wisatawan Kelas Dunia

Masjid Al-Kamil, Jatigede.
Masjid Al-Kamil, Jatigede.

SUMEDANGONLINE – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman mengaku optimistis pembangunan masjid Al-Kamil dan Menara Kujang Sapasang bakal menjadi bagnet wisatawan untuk berkunjung ke Sumedang.

“Kami optimis kalau Menara Kujang Sapasang sudah jadi, Jatigede akan menjadi wisata kelas dunia,” kata Herman di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS). Senin (14/11/2022).

Baca Juga  Ada Kabar Sore Ini KPK ke Sumedang, Wartawan Mulai Nongkrong di Kantor PUPR

Menurut dia, perpaduan antara Masjid Al-Kamil, jembatan, dan Menara Kujang Sapasang lebih bagus dari ikon-ikon dunia, seperti patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, Menara Eiffel di Prancis, dan Patung Liberti (AS).

“Bisa dibayangkan nanti ketika sudah jadi, Masjid Al-Kamil, jembatan, Menara Kujang Sapasang setinggi 100 meter, dibelakangnya Raja Ampat (Jatigede), itu sangat keren pemandangannya, tidak ada di tempat lain. Sepeti kata pak bupati, antara agama (masjid), teknologi (jembatan), dan budaya (menara), ada jembatannya,” ujarnya.

Baca Juga  IKA UNPAD Gelar Vaksinasi di Kecamatan Cibugel Sumedang

Meski demikian, untuk mencapai hal itu diperlukan waktu tidak sebentar. Dia menggambarkan, Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur yang menjadi Kabupaten Pariwisata yang berproses selama bertahun-tahun. Apalagi, tahun 2023 Tol Cisumdawu ditargetkan rampung 100 persen, sehingga akan memudahkan wisatawan dari luar Sumedang datang ke Jatigede.

Baca Juga  Tanah Dayeuh Luhur Sumedang dan Air Keramat Ciasihan, Cikajayaan, Cikawedukan Masuk dalam Ritual Kendi Nusantara

“Ketika mejadi destinasi wisata kelas dunia tentu tidak hanya berdampak untuk di sekitarnya, tapi seluruh Sumedang. Untuk mencapai itu perlu branding yang bagus juga dari media. Oleh karena itu kami minta bantuannya ke teman-teman media,” katanya. ***

Tinggalkan Balasan