Sekda Sumedang Herman Suryatman Raih Penghargaan Makarti Bhakti Nagari Award

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, meraih penghargaan Makarti Bhakti Nagari Award dari Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia di Kantor LAN Veteran Jakarta. Jum'at (9/12).
Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, meraih penghargaan Makarti Bhakti Nagari Award dari Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia di Kantor LAN Veteran Jakarta. Jum'at (9/12).

SUMEDANGONLINE – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, meraih penghargaan Makarti Bhakti Nagari Award dari Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia di Kantor LAN Veteran Jakarta. Jum’at (9/12).

Pemberian penghargaan tersebut dilakukan pada acara Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat 1 Angkatan LV Tahun 2022 yang dihadiri dan ditutup secara resmi oleh Menteri PANRB RI. Sekda Kabupaten Sumedang adalah Peserta Terbaik PKN 1 Angkatan LV dengan Prestasi Istimewa Peringkat Ke 2.

“Alhamdulillah saya telah selesai mengikuti PKN Tingkat 1 selama lima bulan. Hari ini kami dilepas oleh Bapak Menteri PANRB dan Bapak Kepala LAN. Saya diberikan penghargaan Makarti Bhakti Nagari Award sebagai peserta terbaik dengan prestasi istimewa kedua,” ungkap Herman.

Herman berkomitmen bahwa PKN 1 ini hanya jembatan antara untuk meningkatkan kompetensi dan jejaring kerja. Yang paling penting adalah pasca pelaksanaan PKN 1, bagaimana caranya pelaksanaan tugas lebih optimal. “Fokus kami berikutnya adalah kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas untuk mensejahterakan masyarakat. Insyaallah ilmu dan insight yang didapatkan dari PKN 1 ini akan saya eksekusi di lapangan,” kata Herman.

Baca Juga  Senjata Api Aktif Ditemukan Warga Margamulya

Disampaikan bahwa penghargaan tersebut tidak lepas dari bimbingan Mentor Bupati Sumedang, serta dukungan Wakil Bupati Sumedang, Tim Efektif dan jajaran ASN Kabupaten Sumedang. Yang tidak kalah penting, didalamnya juga ada do’a dari warga masyarakat Sumedang.

“Luar biasa support dari Pak Bupati, Pak Wabup, Tim Efektif dan teman-teman ASN Sumedang, serta do’a dari masyarakat Sumedang. Ini sejatinya adalah prestasi Pemda Kabupaten Sumedang. Ini Prestasi Sumedang. Mudah-mudahan memotivasi kita semua untuk terus membangun Sumedang,” ucapnya.

PKN 1 Angkatan LV Tahun 2022 ini diikuti oleh 42 peserta dari 17 Kementerian/Lembaga, Pemda dan POLRI. Dilaksanakan selama 5 bulan, mulai bulan Juli sampai dengan November 2022. Pembelajarannya dilakukan secara blended, dengan mengkombinasikan pembelajaran klasikal dan online, serta synchronous dan asynchronous.

Baca Juga  Warga Sumedang Harus Waspadai Fenomena La Nina

Pada kesempatan tersebut, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir, mengatakan bahwa keikutsertaan Sekda Sumedang pada PKN 1 tersebut bukan formalitas, tetapi penugasan untuk kepentingan Sumedang dan Jawa Barat, bahkan Nasional.

“Saya tugaskan Sekda Sumedang mengikuti PKN 1, dengan proyek perubahannya mengangkat tema living lab untuk mereplikasikan praktik baik Sumedang dalam digital services ke 62 piloting Kabupaten/Kota di tahap pertama, serta 514 Kabupaten/Kota lainnya se Indonesia di tahap lanjutan. Dari Sumedang untuk Indonesia,” tutur Dony.

Judul proyek perubahan yang menghantarkan Sekda Kabupaten Sumedang meraih prestasi tersebut adalah “Indonesia Digital Services Living Lab”. Sebuah platform kolaboratif untuk melompatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui skema studi tiru atau benchmarking digital.

Baca Juga  Momentum Hari Pahlawan, KPU Sumedang Ziarahi PPK yang Wafat

“Melalui platform ini Kabupaten/Kota tinggal melakukan benchmarking digital untuk mengadopsi dan mengadaptasi best practices di Kabupaten/Kota lainnya. Jadi mereka bukan hanya mencontoh Sumedang, tetapi bisa saling mencontoh untuk semuanya. Kita geser paradigmanya, dari studi banding berbasis SPJ ke studi tiru berbasis digital,” ujar Bupati Dony.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, pada saat penutupan acara tersebut menyampaikan pesan agar tidak selesai disini, tetapi harus ada tindak lanjutnya. “Saya minta lakukan evaluasi terhadap para alumni PKN 1 ini. Pastikan apa yang didapat dari palatihan ini, ditindaklanjuti di lapangan. PKN 1 harus berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” tegas Menteri Anas. ***

REPORTER
: IWAN RAHMAT
EDITOR
: Fitriyani Gunawan
CREDIT FOTO
: sumedangkab
TERBIT
:

Tinggalkan Balasan