Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menurunkan alat berat bachoe mini untuk menyingkirkan material longsoran.

sumedangkab/SUMEDANG ONLINE

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menurunkan alat berat bachoe mini untuk menyingkirkan material longsoran.

Singkirkan Material Longsoran, Sekda: Pemkab Sumedang Turunkan Alat Berat

SUMEDANGONLINE – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menurunkan alat berat bachoe mini untuk menyingkirkan material longsoran. Alat berat mini dikerahkan karena kondisi jalan yang kecil sehingga memudahkan bermanuver.

“Normalisasi Sungai Cisurupan dengan alat berat bersama-sama masyarakat,” kata Sekda Herman Suryatman di lokasi banjir, Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung, Minggu (18/12/2022).

Ia menambahkan, penanganan bencana harus dilakukan dengan aman. Oleh karena itu, kalau cuaca tidak mendukung dan berbahaya, akan dilakukan Senin, 19 Desember 2022.

“Alat berat seperti backhoe, dumptruck, mobil pick up disiapkan,” ujarnya.

Sekda mengatakan, normalisasi dilakukan berdasarkan hasil asesment dari BPBD, PUTR dengan dibantu relawan ke hulu sungai.

“Setelah diidentifikasi dari atas Sungai Cisurupan sampai bawah, ternyata aliran tersumbat oleh sampah berupa kayu, bambu dan lainnya sehingga banjir bandang terjadi,” ujarnya.

Ia juga telah meminta Dinas PUTR untuk berkoordinasi dengan pihak BBWS dalam asesment tersebut.

“Kami tugaskan PUTR berkoordinasi dengan Kementerian melalui BBWS untuk menentukan treatment yang paling tepat agar tidak terjadi banjir bandang susulan,” katanya. ***