Dinkes Sumedang Imbau Stop Konsumsi Ciki Ngebul

Banner imbauan untuk tidak mengonsumsi Ciki Ngebul.
Banner imbauan untuk tidak mengonsumsi Ciki Ngebul.

SUMEDANGONLINE – Dinas Kesehatan Kabuapten Sumedang meminta masyarakat Sumedang untuk tidak mengonsumsi jajanan ice smoke atau ciki ngebul.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang Dadang Sulaeman mengatakan, penambahan nitrogen cair pada produk pangan siap saji yang tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan atau keracunan pangan diantaranya, menyebabkan radang dingin dan luka bakar terutama pada beberapa jaringan lunak seperti kulit, menghirup terlalu banyak uap yang dihasilkan oleh makanan atau minuman yang diproses menggunakan nitrogen cair dapat memicu kesulitan bernafas yang cukup parah.

Baca Juga  Tambah 1 Medali Emas dari Cabor Anggar, Posisi Sumedang Naik ke-20

“Selain itu mengkonsumsi nitrogen yang sudah dicairkan juga dapat menyebabkan tenggorokan terasa seperti terbakar. Karena suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh. Bahkan, tidak sedikit kasus terparah yang menunjukkan bahwa ice smoke dapat memicu kerusakan internal organ tubuh,” ujarnya.

Baca Juga  Konser Nominasi D3, Hayati Masuk Zona aman

Atas dasar itu kata Dadang, surat edaran tersebut dimaksudkan sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan pada penggunaan nitrogen cair pada pangan siap saji untuk mencegah terjadinya keracunan pangan, sehingga ada beberapa hal yang mesti ditindaklanjuti sebagai upaya kewaspadaan dan antisipasi.

“Oleh karena itu Kepala UPTD Puskesmas harus melaksanakan fungsi koordinasi dengan Forkopimcam dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap produk pangan siap saji yang menggunakan nitrogen cair, yang beredar di masyarakat di wilayah kerjanya. Termasuk memberikan edukasi kepada pelaku usaha dan pihak-pihak terkait terhadap bahaya nitrogen cair terhadap pangan siap saji,” ujarnya. ***

REPORTER
: IWAN RAHMAT
EDITOR
: Fitriyani Gunawan
CREDIT FOTO
: sumedangkab
TERBIT
:

Tinggalkan Balasan