Ketua Pengurus Wilayah Persatuan Dokter Gigi Indonesia  (PDGI) Jawa Barat drg. Rahmat Juliadi resmi melantik drg. Hana Zaitunah Fuadi sebagai Ketua PDGI Cabang Sumedang periode 2022-2025, Sabtu (25/3/2023).

Iwan Rahmat/SO/SUMEDANG ONLINE

Ketua Pengurus Wilayah Persatuan Dokter Gigi Indonesia  (PDGI) Jawa Barat drg. Rahmat Juliadi resmi melantik drg. Hana Zaitunah Fuadi sebagai Ketua PDGI Cabang Sumedang periode 2022-2025, Sabtu (25/3/2023).

Hana Zaitunah Fuadi Pimpin PDGI Sumedang

SUMEDANGONLINE – Ketua Pengurus Wilayah Persatuan Dokter Gigi Indonesia  (PDGI) Jawa Barat drg. Rahmat Juliadi resmi melantik drg. Hana Zaitunah Fuadi sebagai Ketua PDGI Cabang Sumedang periode 2022-2025, Sabtu (25/3/2023).

Pelantikan digelar di Aula Tampomas Pusat Pemerintahan Sumedang dan dihadiri Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, perwakilan unsur Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan Dadang Sulaeman, para Ketua PDGI kabupaten/kota se-Jawa Barat, para pimpinan rumah sakit, Ketua Forum Puskesmas, Ketua Asosiasi Klinik dan undangan lainnya.

Terpilihnya Hana sebagai Ketua Pengurus Cabang PDGI merupakan hasil Musyawarah Cabang (Muscab) II PDGI Sumedang yang dilaksanakan tanggal 17 September 2022.

Sebagain pengurus yang baru Hana Zaitunah Fuadi menyampaikan, pihaknya akan berupaya meningkatkan kinerja organisasi PDGI.

“Harapannya, saya sebagai ketua PDGI yang baru, kebutuhan dokter gigi di Sumedang bisa mencukupi dan memadai demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Ia melaporkan saat ini ada sekitar 51 dokter gigi di Sumedang yang menurutnya masih jauh dari ideal.

“Jumlah dinilai kurang karena belum semua Puskesmas dan klinik  memiliki dokter gigi. Semua itu butuh upaya, diantaranya kebijakan dari pemerintah,” ungkapnya

Bupati Dony Ahmad Munir menyampaikan ucapan selamat dan mengapresiasi positif atas dilantiknya pengurus PDGI Sumedang.

“Semoga pengurus baru diberikan kekuatan lahir dan batin dalam menjalankan amanah dengan sebaik baiknya,” tuturnya.

Bupati berpesan agar kinerja pengurus PDGI Sumedang yang baru bisa lebih baik lagi dari pengurus sebelumnya sehingga perlu adanya perbaikan dan peningkatan kompetensi terus menerus.

Kemarin sudah baik, tentu sekarang harus lebih baik. Itulah ciri orang yang beruntung, sehingga ada continuous improvement di organisasi, yaitu perbaikan dan peningkatan terus menerus,”u) ujarnya.

Lebih jauh, kata bupati, PDGI sebagai mitra pemerintah daerah harus ikut berkontribusi dan menjadi bagian dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan pola hidup sehat terutama kaitan kesehatan gigi dan mulut.

“Diperlukan kinerja yang lebih tinggi dan lebih baik lagi untuk menjadi bagian yang meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Landasannya Sistem Kesehatan Nasional itu yang  menjadi rujukan PDGI dalam menjalankan kewajiban dan tugas sebagai dokter gigi yang berhimpun PDGI,” tuturnya.

Dikatakan, setidaknya ada poin yang perlu dilakukan untuk memajukan organisasi, yaitu pengetahuan, pengalaman dan jaringan.

“Itulah senjata kita, punya pengetahuan, pengalaman dan jaringan,” pungkasnya.