Sumedang Wacanakan Akan Gelar Pameran Benda Purbakala, Gading Gajah Purba Akan Dipamerkan

Wakil Bupati Sumedang dan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang saat melihat salahsatu koleksi benda purbakala yang ditemukan di Kabupaten Sumedang.
sumedangkab/SUMEDANGONLINE
Wakil Bupati Sumedang dan Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang saat melihat salahsatu koleksi benda purbakala yang ditemukan di Kabupaten Sumedang.

SUMEDANGONLINE – Banyak ditemukannya benda-benda purbakala di wilayah Kabupaten Sumedang, mendorong pemerintah Kabupaten Sumedang melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sumedang untuk menggelar pameran benda-benda purbakala, meskipun waktunya belum bisa dipastikan.

Alasan lainnya akan digelar pameran benda-benda purbakala itu menurut Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbupora) Kabupaten Sumedang, Budi Akbar menuturkan, lantaran sejauh ini benda-benda kepurbakalaan yang tak sengaja ditemukan di beberapa wilayah di Sumedang itu belum diketahui khayalak.

Baca Juga  600 Ratus Paket Sembako Diberikan Bupati Sumedang ke Warga Pasar Sandang

“Benda-benda purbakala yang akan ditampilkan pada pameran kepurbakalaan nanti, merupakan hasil ekskavasi yang telah dilakukan para arkeolog di kawasan konservasi fosil purba di wilayah Desa Jembarwangi dan Darmawangi, Kecamatan Tomo,” kata Budi Akbar. Rabu 8 Maret 2023.

Budi Akbar menyebutkan, benda purbakala yang akan ditampilkan pada pameran kepurbakalaan nanti, diantaranya dua buah gading stegodon (gajah purba). Kemudian juga kura-kura purba yang telah berhasil direkontruksi oleh pihak Museum Geologi Bandung.

Baca Juga  Kurang Dari 24 Jam Polres Sumedang Berhasil Bekuk Pencuri Sepeda Motor

“Selain ketiga benda purbakala yang telah berhasil direkontruksi, pameran kepurbakalaan nanti akan menampilkan semua serpihan fosil purba hasil ekskavasi para arkeolog di wilayah Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Pameran kepurbakalaan ini, sambung Budi, akan diselenggarakan melalui kerjasama dengan Museum Geologi Bandung dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Meski sudah ada rencana, Budi menyebut hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan waktu dan tempat yang tepat untuk pameran tersebut.

Baca Juga  Wabup Sumedang berharap Pameran Sukron Tingkatkan Gairah Kecintaan Produk Sumedang

“Tergantung pihak Museum Geologi Bandung dan BRIN. Belum lagi, proses eskavasi fosil kura-kura purba juga belum selesai. Yang telah selesai direkontruksi itu, baru sebatas fosil gading stegodon. Nanti setelah fosil kura-kura purba dan gading stegodon yang satunya lagi selesai direkontruksi, baru akan digelar pamerannya. Kemungkinan sekitar bulan Juni 2023,” jelasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK