Menu

Mode Gelap

PENDIDIKAN · 29 Sep 2023 12:57 WIB ·

Seminar Literasi Islam, Kadisdik: Pendekatan Sumedang Digital Heritage

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang menjadi keynote speaker dalam acara seminar literasi Islam Perbesar

Iwan Rahmat Purnama/SUMEDANG ONLINE
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang menjadi keynote speaker dalam acara seminar literasi Islam "Membumikan Literasi di Setiap Sekolah". Kegiatan yang diselenggarakan Komunitas Literasi Iqra dalam rangka Menyongsong Beyond Simpati bersama MAN 2 Sumedang itu berlangsung Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang. Jumat, 29 September 2023.

SUMEDANG – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang menjadi keynote speaker dalam acara seminar literasi Islam “Membumikan Literasi di Setiap Sekolah”. Kegiatan yang diselenggarakan Komunitas Literasi Iqra dalam rangka Menyongsong Beyond Simpati bersama MAN 2 Sumedang itu berlangsung Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Sumedang. Jumat, 29 September 2023.

“Kebetulan penyelenggaraan kegiatan seminar literasi dari komunitas TBM Iqra. Adapun untuk kegiatan Disdik adalah penguatan literasi maupun monerasi. Kami mencoba melakukan peningkatan literasi ini dengan merumuskan sebuah pendekatan yaitu dengan pendekatan Sugih (Sumedang Digital Heritage). Maksudnya kita mengambil nama besar pangeran Sumedang dulu sehingga Sumedang menjadi subur Makmur gemah ripah dan Loh Jinawi pada saat itu,” ujar DR Dian Sukmara selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang.

Dia berharap melalui pendekatan kegiatan tersebut, literasi betul-betul bisa bertransformasi untuk dapat mensejahterakan masyarakat melalui pendekatan pendidikan.

“Nah. Sehingga dengan pendekatan Sumedang Digital Heritage ini bagaimana masyarakat bisa peduli peka dengan aplikasi aplikasi yang sudah terumuskan sedemikian sempurna oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang. Bahkan legalitas mendapatkan penghargaan secara nasional telah diakui oleh Presiden Jokowi pada saat itu,” imbuhnya.

Menurut dia, selanjutnya bagaimana pemerintah Daerah Sumedang melalui Dinas Pendidikan aplikasi aplikasi unggulan Digital itu menjadi sesuatu yang tidak terpisah dari kehidupan masyarakat. Sehingga diharapkan dengan keberadaan aplikasi itu menjadi satu tool dapat membangun kesadaran masyarakat dalam aspek ekonomi, sosial dan budaya.

“Nah sehingga terjadilah yang namanya transformasi. Kalau saat ini masih dalam digitalisasi bagaimana data data digital digunakan melalui aplikasisi sebuah sistem dalam bentuk platform. Nah, untuk dapat mencapai transformasi artinya harus betul-betul platform digital yang ada di kita itu bisa digunakan dan dirasakan kebermanfaatan bagi masyarakat karena berbagai aspek kehidupan. Nah sehingga betul-betul pemerintah daerah Kabupaten Sumedang bisa memberikan pelayanan secara mudah cepat dan super cepat sehingga masyarakat dibatasi mobilitasnya tetapi informasi terus dapat sempurna,” pungkas dia. ***

Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Perayaan Megah Milad ke-17 Keluarga Mahasiswa Geusan Ulun di IPP Kabupaten Sumedang

14 Juni 2024 - 17:42 WIB

Peringatan Hari Jadi ke-17 Keluarga Mahasiswa Elingga Geusan Ulun (KAMA EGU) dirayakan secara meriah di Pendopo IPP Kabupaten Sumedang. Jumat (14/06/2024).

Suwarno Beberkan Aturan Wajib PPDB di Lingkungan Kemenag Sumedang

12 Juni 2024 - 20:06 WIB

Kasi Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, Suwarno menyebutkan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025 di Lingkungan Kemenag Sumedang wajib menyediakan jalur prestasi 15%, afirmasi 15%, inklusi 10% dan sisanya melalui jalur reguler.

Masuk Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional, Sofia Dapat Support Pemkab Sumedang

6 Juni 2024 - 23:40 WIB

Sebagai bentuk dukungan, Sofia beserta orangtua serta sekolah diundang bertemu langsung dengan Pj bupati dan Pj Sekda di Gedung Negara, Rabu (5/6/2024) sore.

Tanggapan Pj. Bupati Sumedang Terkait Study Tour Sekolah

15 Mei 2024 - 12:41 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli

Pj Bupati Sumedang Minta Disdik Perhatikan Kesejahteraan Guru

15 Mei 2024 - 12:37 WIB

Penjabat Bupati Sumedang Yudia Ramli Yudia Ramli saat monitoring dan silaturahmi dengan jajaran Disdik di Aula Dinas Pendidikan. Selasa (14/4/2024).

SMKN 2 Sumedang Lepas 550 Siswa yang Lulus Tahun Pelajaran 2023/2024

8 Mei 2024 - 15:15 WIB

Pelepasan peserta didik kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024 SMK Negeri 2 Sumedang dihadiri Sekretaris pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang. Bertempat di Kampus SMK Negeri 2 Sumedang. Rabu, 8 Mei 2024.
Trending di PENDIDIKAN