Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman menjadi narasumber dalam rakor Skill Develoving Center (SDC) di Bekasi, Kamis (17/11/2023).

Iwan Rahmat/Sumedangkab/SUMEDANG ONLINE

Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman menjadi narasumber dalam rakor Skill Develoving Center (SDC) di Bekasi, Kamis (17/11/2023).

Herman: Pemerintah Kabupaten Sumedang Terus Genjot Program Pendidikan Vokasi

SUMEDANG – Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman menjadi narasumber dalam rakor Skill Develoving Center (SDC) di Bekasi, Kamis (17/11/2023). Dalam rakor tersebut, Pj Bupati Herman menyampaikan sebagai bentuk komitmen dalam mengurangi angka pengangguran, Pemerintah Kabupaten Sumedang terus berupaya menggenjot program pendidikan vokasi.

Potensi tenaga kerja usia produktif yang ada di Kabupaten Sumedang nantinya akan diberikan peluang untuk meningkatkan kompetensi dan dikorelasikan dengan peluang dunia usaha dan dunia kerja termasuk dunia industri.

“Sudah ribuan warga Sumedang bekerja di dunia usaha dan industri difasilitasi SDC sekarang menjadi tim Koordinasi Vokasi Daerah,” kata Pj Bupati Herman.

Pendidikan vokasi tersebut akan dilaksanakan melalui kerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan Sumedang bakal ditunjuk jadi piloting pelatihan vokasi program magang ke Jepang. Herman mengatakan, Kemenaker telah memberikan kehormatan kepada Sumedang untuk menjadi piloting pelatihan vokasi program magang.

“Hal penting dari pelaksanaan vokasi adalah bagaimana warga masyarakat bisa mendapat peluang kerja potensial terutama untuk anak anak muda,” katanya.

Menurutnya, Pemkab Sumedang akan mendorong terus agar secara kualitas dan kuantitas bisa meningkat yang pada akhirnya ultimate goalnya menurunkan angka pengangguran. Berdasarkan data Pusat Statistik Kabupaten Sumedang angka pengangguran Sumedang di tahun 2022 berada dikisaran angka 7,72 persen.

“Mudah mudahan di tahun depan angka pengangguran satu poin bisa diturunkan di angka 6 persen. Sebuah ikhtiar untuk Sumedang yang lebih baik,” katanya. ***