BPBD saat memadamkan lahan yang terbakar.

Dok/istimewa/sumedangkab/SUMEDANG ONLINE

BPBD saat memadamkan lahan yang terbakar.

BPBD Sumedang: Waspada Kebakaran Hutan Lahan

SUMEDANG – Kepala BPBD Sumedang Atang Sutarno, mengingatkan warga Sumedang untuk waspada akan terjadinya potensi kebakaran hutan lahan (karhutla) apalagi saat ini telah memasuki musim kemarau yang puncaknya diprediksi terjadi pada Juli-Agustus.

“Untuk antisipasi atau pencegahan terjadinya karhutla kami dari BPBD Sumedang sudah menyiapkan beberapa upaya antisipasi,” jelas Atang Sutarno dalam keterangannya. Minggu, 23 Juni 2024.

Salahsatu upaya antisipasi itu, pihaknya telah melakukan sosialisasi pada masyarakat dalam berbagai kesempatan terkait bahaya kebakaran hutan dan lahan.

BPBD juga mengimbau masyarakat yang akan mengambil kayu bakar ke hutan atau para pencinta alam untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Begitupun dengan masyarakat yang akan membuka lahan pertanian untuk tidak melakukan pembakaran dan pembersihan dilakukan secara konvensional, kalaupun terpaksa dibakar harus dibuat sekat bakar terlebih dahulu.

Bagi masyarakat yang lokasinya dekat dengan pembuangan sampah untuk tidak membakar sampah tanpa koordinasi dengan pihak berwenang. Untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla pada musim kemarau pihak BPBD juga senantiasa melakukan koordinasi dengan OPD lainnya.

“Yang jelas dalam menghadapi musim kemarau tahun ini kami telah siapkan antisipasi sehingga kerugian akibat kemarau dapat diminimalisir,” jelasnya. ***