Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 10 Jun 2024 19:30 WIB ·

Sumedang Targetkan Desember Angka Kemiskinan Ekstrem 0 Persen

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Fitriyani Gunawan


 Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli Perbesar

iwan rahmat via sumedangkab/SUMEDANG ONLINE
Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli

SUMEDANG – Pemda Sumedang menargetkan angka kemiskinan ekstrem harus mencapai 0 persen pada Desember 2024, baik di tiap desa maupun kecamatan di Kabupaten Sumedang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemda Sumedang bersinergi dengan berbagai pihak melakukan intervensi program penghapusan kemiskinan ekstrem salah satunya dengan melakukan intervensi di sektor pertanian.

“Desember tahun ini kami targetkan tidak ada lagi warga miskin ekstrem di Sumedang. Tentu kami tidak bisa bekerja sendiri. Perlu kolaborasi dari semua pihak untuk mengakselerasi penghapusan kemiskinan ekstrem ini,” kata Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli di PPS. Senin (10/6/2024).

Dikatakan Yudia, saat ini pihak Pemda sudah berkolaborasi dengan Forkopimda untuk mengakselerasi penghapusan miskin ekstrem, tinggal memberikan penguatan terhadap intervensi di lapangan.

Berdasarkan laporan yang ia terima, kantung kemiskinan ekstrem masih berada di desa-desa yang penduduknya bekerja di sektor pertanian.

“Sekitar 40 persen kontribusi kemiskinan berasal dari pertanian, karena mereka bukan petani pemilik, tapi petani penggarap,” ujarnya.

Di tengah kondisi tersebut, para petani tak jarang dihadapkan pada tantangan kekeringan dan distribusi air yang tidak merata saat musim kemarau yang berakibat pada penurunan produktivitas dan kualitas hasil panen sehingga mengurangi pendapatan.

Kaitan hal itu, kata Yudia, penerapan pompanisasi di area persawahan Sumedang, khususnya di Kecamatan Ujungjaya sebagai lumbung padi diharapkan membantu para petani dari sisi produksi untuk menggerakkan perekonomian dan menghasilkan efek ganda yang signifikan.

“Kami gencarkan pompanisasi untuk membantu kelompok tani di wilayah Ujungjaya. Kami juga lakukan pertemuan dengan PLN dan Pertamina mereka siap membantu petani untuk penyediaan bahan bakar dan penyediaan aliran listrik,” ujar Yudia. ***

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Melalui Program SAMAWANA, Pj. Bupati Sumedang Sumbang Bibit Ayam Ternak

22 Juni 2024 - 03:43 WIB

Yudia Ramli selaku Pj. Bupati Sumedang menyerahkan langsung bibit ayam ternak tersebut saat saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Cimalaka. Jum'at (21/6/2024).

Pj Bupati Sumedang Puji Program SAMAWANA, Berharap Dapat Diikuti Kecamatan Lainnya

21 Juni 2024 - 20:26 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat meninjau pengelolaan perkebunan pisang di Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka dalam program Sehari Bersama Warga nu Nyata Mangpaatna (SAMAWANA). Jumat (21/6/2024).

Peringatan 2 Tahun SCC, Diisi Pasar Seni Ekonomi Kreatif Sumedang 2024

21 Juni 2024 - 15:21 WIB

Penjabat Bupati Sumedang, Yudia Ramli, hadir dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-2 Gedung Sumedang Creative Center (SCC). Kamis, 20 Juni 2024.

Pj Bupati Sumedang, Apresiasi Kinerja Satpol PP, Satlinmas dan Damkar

20 Juni 2024 - 16:24 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.

Peringatan HUT SatpolPP di Sumedang, Rokok Ilegal dan Miras Dimusnahkan Kerugian Negara Tembus Rp12 M

20 Juni 2024 - 16:09 WIB

Seremonial Pemusnahan Rokok Ilegal dan Minuman mengandung ethil Alkohol di Lapang Upacara Pusat Pemerintahan Sumedang. Kamis, 20 Juni 2024.

Kemasan Daging Kurban di Sumedang Pakai Bongsang Tahu

18 Juni 2024 - 22:44 WIB

Bongsang Tahu jadi alat kemasan Daging Kurban di Masjid Agung Sumedang.
Trending di SUMEDANG