Home / PENDIDIKAN

Jumat, 22 Juni 2012 - 09:46 WIB

Guru Marah, Pencairan DAK Lambat



Ilustrasi

DISDIK – Lambatnya pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk meningkatkan sarana dan prasaran sekolah, membuat seratusan kepala sekolah mendatangi kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang di Tegalkalong, Sumedang, Kamis (21/6).

Ratusan kepala sekolah tersebut bermaksud untuk melakukan audensi dengan Kepala DPPKAD Kabupaten Sumedang, H Zaenal Alimin, dengan mediasi DPRD Sumedang, namun dengan alasan tak jelas justru para kepala sekolah itu malah berkumpul di Disdik.

Seorang guru dari Kecamatan Buahdua, Eme, mengharapkan agar DPPKAD segera dapat mencairkan DAK tersebut. Apalagi banyak sekolah yang telah membongkar sekolah, jika pencairan terlambat, Eme memastikan pembangunan rehab sekolah akan masuk pada fase belajar mengajar. “Kalau masa liburan habis, perbaikan itu dapat membuat bising dan akan mengganggu kegiatan belajar mengajar,” jelas Eme, kemarin.

Baca Juga  Kama Egu Sumedang Berupaya Ciptakan Generasi Milenial Yang Berjiwa Enterpreuneur

Di tempat yang sama Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, Unep Hidayat, menyebutkan berkas pengajuan pencairan para kepala sekolah sudah diajukan oleh Dinas Pendidikan ke DPPKAD sejak mei lalu. “Para kepala sekolah marah, karena dana belum cair. Banyak sekolah yang kebingungan karena harus ngutang bayar material,” ujar Unep.

Baca Juga  KKN STKS Bandung Gelar Pakuan Culinary Festival 2019

Di tempat terpisah, Kepala DPPKAD Drs. H Zaenal Alimin, mengatakan belum cairnya DAK karena pihaknya belum mendapatkan petunjuk teknis (juknis) tentang pencairan dan penggunaan dana secara tepat dan benar. Zanal pun tak mengelak, jika akhir-akhir ini banyak pengelola sekolah yang menanyakan hal itu.(dar/SUMEKS)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

PENDIDIKAN

Kama Egu Sumedang Berupaya Ciptakan Generasi Milenial Yang Berjiwa Enterpreuneur

PENDIDIKAN

Bupati Sumedang Akan Pasang Free WiFi di Musas

PENDIDIKAN

Eni Prihatin Bahasa Daerah Akan Dihapus

PENDIDIKAN

Kwaran Pramuka Sumedang Selatan Gelar Latgab

PENDIDIKAN

Aktualisasi Pendidikan Berbasis Kasih Sayang : Jadikan Sekolah Sebagai Taman Siswa !

PENDIDIKAN

Sekda Zaenal Alimin amanatkan jadi generasi potensial

DAERAH

Jatigede, Nurdin: KBM, jangan sampai bubar

PENDIDIKAN

Guru SMPN 1 Sumedang Tetap Mengajar Meski Secara Online