Home / KABAR HAJI / KESEHATAN / SUMEDANG

Rabu, 18 Juli 2012 - 08:46 WIB

Belum Divaksin, Wanita Hamil Tak Boleh Haji



GUGUR – Wanita hamil yang akan berangkat Haji harus sudah dipastikan mendapatkan vaksin meningitis, jika wanita tersebut belum mendapatkan vaksin tersebut, maka gugur.
ILUSTRASI/NET

DINKES – Wanita hamil yang akan berangkat Haji harus sudah dipastikan mendapatkan vaksin meningitis, jika wanita tersebut belum mendapatkan vaksin tersebut, maka gugur. Karena menurut Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit pada Dinas Kesehatan Sumedang, Hj Anna Sobana, vaksin meningitis tak dapat diberikan pada wanita hamil.

“Tapi ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh jamaah wanita yang sedang hamil, pertama apakah si wanita itu punya vaksin meningitis, biasanya gini tahun lalu dia umroh kan otomatis dia sudah di vaksin meningitis, jika dia sudah punya, kita tinggal lihat buktinya. Salahsatu buktinya ada sertifikat ICV (internasional Certivicate Vaksinasi), kalau tak punya wanita yang sedang hamil tak bisa disuntik meningitis. Jadi otomatis gugur,” ujar Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit pada Dinas Kesehatan Sumedang, Hj Anna Sobana, ke www.SUMEDANGONLINE.com di kantornya.

Baca Juga  Jamaah Haji Asal Sumedang dalam Kondisi Sehat

Selain harus ada vakisn meningitis, faktor lain yang dapat memberangkatkan wanita hamil pergi ke tanah suci, yakni usia kehamilan. Menurut Anna, usia kehamilan selama berangkat haji harus berusia 14 hingga 26 minggu.

Baca Juga  Dinkes Sumedang: Jelang Musim Penghujan Waspadai Potensi Penyebaran DBD

“Kalau persyaratan lain sudah terpenuhi, tapi pas keberangkatan ibadah haji usia kehamilannya hamil tua malah muda, itu sudah gugur. Tetapi kalau ada diranks itu , 14-26 minggu itu diperbolehkan,” lanjutnya.

Disebutkan Ana, selain itu ibu dan janin pun harus ada pernyataan khusus dari dokter akhli yang menyatakan janin dan ibu hamil dalam keadaan sehat, dan ada pernyataan jika ibadah haji kehamilannya tidak akan mengganggu kesehatan ibu atau janin.

“Jadi, kalau persayaratan itu salahsatunya tidak terpenuhi sudah gugur,” pungkasnya.(IRP)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Malu ketahuan cabul, pria ini nekat gandir

Pilihan Redaksi

#Mudik2019, Ini yang Harus Diwaspadai Pemudik di Jalur Alternatif Sumedang-Malangbong via Wado

Pilihan Redaksi

Ketua Forum Linmas Dukung Deklarasi Damai Calon Kades di Paseh Sumedang

Pilihan Redaksi

Petani Mekarasih Butuh Pemasaran Indigofera

Pilihan Redaksi

Duh, Ada 5 ribu warga OTD Jatigede Rawan Pangan

KABAR HAJI

Tiba di Bekasi Calon Jamaah Haji Sumedang Langsung Tes Kesehatan

Pilihan Redaksi

Ini Kronologis Mercy Z 1323 CU yang Terbakar di Depan Soto Bandung

SUMEDANG

BPBD Semprot Disinfektan di Lingkungan Pangaduan Heubeul Sumedang