Home / KESEHATAN

Senin, 26 November 2012 - 23:43 WIB

Musim Hujan Waspadai DBD



Kepala Puskesmas (Kapus) Darmaraja, Acid Sobana SKm MSi.

DARMARAJA – Kepala Puskesmas (Kapus) Darmaraja, Acid Sobana SKm MSi, mengingatkan warga Darmaraja, untuk waspada terhadap penyakit yang biasa timbul di musim penghujan, salahsatunya diare dan demam berdarah dengue (DBD).

“Yang kemungkinan banyak timbul dan harus diwaspadai pada musim penghujan. Adalah penyakit diare, dan DBD, masyarakat perlu waspada terhadap dua penyakit ini,” kata Kapus Darmaraja, Acid Sobana SKm, dalam sebuah acara di Kecamatan Darmaraja, Sabtu (24/11).

Baca Juga  31 Warga Sukadana Terjangkit Chikungunya

Ditanya apakah sudah ada warga di Kecamatan Darmaraja yang terjangkit dua penyakit tersebut. Dikatakan Acid, berdasar data di Puskesmas Darmaraja, ia menyebutkan sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan dan keluhan adanya masyarakat yang terkena DBD. “Sampai sejauh ini belum ada,” terangnya.

Meski demikian ia tetap mengingatkan agar warga Darmaraja dapat waspada, selain dua penyakit itu, juga terhadap beberapa penyakit lain yang dimungkinkan dapat timbul. Salahsatunya pencegahan yang paling efektif dan dapat dilakukan semua masyarakat menurut Acid adalah dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Baca Juga  Rukruk Terpilih Menjadi Ketua Pengurus IBI Kabupaten Sumedang

“PHBS yang dikampanyekan pemerintah itu semata-mata untuk mencegah masyarakat agar tak terjangkit penyakit, dan itu dapat diterapkan mulai dari lingkup rumah tanggah hingga masyarakat. Salahsatunya kan, selalu menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih memakai sabun, menggunakan jambn sehat, memberantas jentik nyamuk, dan lain-lain,” ungkapnya.(*)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Ratusan guru dan warga lingkungan Kecamatan Sumedang Selatan mengikuti pelaksanaan penyuntikan vaksinasi tahap pertama di Kampus SMPN 4 Sumedang, Senin 24 Mei 2021.

KESEHATAN

Ratusan Guru dan Warga di Sumedang Selatan Antusias Jalani Vaksinasi Covid-19

KESEHATAN

LSL Berisiko Tinggi Terkena HIV/AIDS

Advertorial

JKN-KIS, Ibu Ini Puas dengan Layanan Persalinan
Salahseorang pegawai Plaza Asia Sumedang saat dilakukan swab tes oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang. Kamis, 16 Juli 2020.

KESEHATAN

Sebanyak 150 Pegawai Plaza Asia Sumedang Ditest Swab

KESEHATAN

Sumedang Bebas Pasung, Jika Ada Segera Laporkan …
Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar melakukan Visit 3 sebagai relawan uji klinis vaksin COVID-19 di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Rabu (30/9/20).

KESEHATAN

Emil Jalani Visit 3 Sebagai Relawan Vaksin Covid-19

KESEHATAN

Pemerintah, Siapkan Jaminan Sosial Nasional Bidang Kesehatan

KESEHATAN

BPJS Kesehatan Masuk dalam Mal Pelayanan Publik Sumedang