Menu

Mode Gelap

Nasional · 23 Okt 2016 18:33 WIB ·

Menpora Ingin Pemuda Kreatif Mendapat Tempat Berkesenian

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

SUMEDANGONLINE: Menpora Imam Nahrawi didampingi istrinya Shobibah Rohmah menghadiri Roadshow, Talkshow, dan Gelar Musik Angklung Bank Musik di Saung Angklung Udjo, Padasuka-Bandung. Menpora menyampaikan bahwa Bank Musik Indonesia merupakan ide dan terobosan yang digagas agar negara terlibat aktif dalam mendorong pelestarian budaya nusantara.
“Dengan bank musik, pemuda Indonesia yang kreatif dan inovatif di bidang musik dapat berperan dalam peningkatan pertumbuhan dan perekonomian daerah maupun nasional dan menjadikan aspek budaya nasional sebagai bagian dari proses inovasi dan kreativitas. Acara ini juga menjadi bagian dari pusat penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda-pemuda kreatif di bidang musik yang juga mencintai budaya Indonesia,” ujarnya.
Imam melanjutkan bahwa hasil kreasi musik itu dapat ditampilkan dipanggung terbuka dengan harapan lahirnya pemusik-pemusik yang tidak hanya handal dan profesional, namun juga kreatif dan kompetitif di bidang musik. “Bank musik adalah lembaga atau wadah berupa ruang publik tempat berinteraksi dan belajar bagi para pemuda kreatif/produktif, pencinta musik dan kreator musik dalam menghasilkan karya seni musik nusantara,” tambahnya.
Sebelumnya Pimpinan Saung Angklung Udjo, Sam Udjo menyampaikan bahwa sangat bersyukur dengan dilakukannya roadshow bank musik ke saung angklung. “Ini menunjukkan komitmen dari pemerintah terhadap budaya nusantara yang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, ” ujar Kang Udjo.
Kang Udjo melanjutkan bahwa sejak diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, angklung diminta untuk selalu memberikan laporan perkembangannya kepada UNESCO, dengan adanya komitmen dan perhatian pemerintah ini akan semakin memperteguh keberadaan angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia di Indonesia. Hadir dalam acara ini Plt. Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Staf Khusus Menpora Bidang Kepemudaan Zainul Munasichin, Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Enny Budi Sri Haryani. (dre)

Facebook Comments Box
Baca Juga  Akibat Jatigede, Disduk kehilangan jejak 8.7 ribu data penduduk
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA