Nasional, Pilihan Redaksi

PT Sentul City perpanjang kerjasama dengan IPB

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANGONLINE, Dramaga: PT Sentul City, Tbk. dan IPB, Kamis (20/10/2016) menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memperpanjang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan kerjasama untuk saling menunjang dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan tinggi dan pembangunan bangsa, hal itu mendasari pengembangan kerjasama Sentul City dan IPB Bogor.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Penandatanganan dilakukan oleh Presiden Direktur PT Sentul City, Tbk, Keith Steven Muljadi dan Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc, keduanya didampingi oleh Direktur Perseroan bidang Keuangan Tubagus Ali Akbar dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama Prof. Dr. Ir. Anas M Fauzi, M.Eng.

Baca Juga  IPB Teliti Dinamika Sosial Ekonomi Usaha Pisang Di Jawa Barat

Keinginan bersama untuk saling menunjang dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan tinggi dan pembangunan bangsa mendasari pengembangan kerjasama Sentul City dan IPB. Fokus kerjasama ini ialah pemantapan konsep Eco City, pengembangan implementasi penghijauan pada bangunan, pengembangan metode pengelolaan lingkungan, Urban Water, Urban Farming System and Smart City Establishment , riset, serta membuka peluang adanya pengembangan fasilitas pendidikan dan pelatihan di Sentul City.

Dengan penelitian dan penerapan Urban Water, Sentul City diharapkan mampu menjadi kota yang sensitif air, mampu mengolah, memanfaatkan, menjaga, dan mengelola air dari segala sumber sehingga tidak kekeringan di musim kemarau dan tidak banjir di musim hujan. Bukan hanya di area kota Sentul City namun mempunyai dampak pada lingkungan sekitarnya.

Baca Juga  Dapat Bantuan CSR, Korban Longsor Cimanggung Akan Miliki Dua Rumah Trauma Healing

Dalam pengembangan Urban Farming System Sentul City akan menerapkan sistem pertanian pada lahan terbatas, misalnya dengan pertanian vertical dan hidroponik baik untuk ruang publik, perkantoran, maupun untuk hunian warganya.

Sedangkan dalam Smart City Establishment, Sentul City akan berkembang menjadi kota cerdas dengan konektivitas teknologi informasi yang memadukan, menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Budi Purwanto, Corporate Communication PT Sentul City, Tbk ketika ditemui BogorBagus.Com (grup sumedangonline) mengatakan, “Tentunya kerjasama ini menguntungkan kedua pihak, IPB sebagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia khususnya bidang pertanian tropika, kelautan tropika dan bioscience tropica, dapat menerapkan hasil-hasil risetnya secara tepat guna,” ujarnya.

Baca Juga  Bupati Sumedang Berharap Musrenbang Tidak Sekadar Formalitas dan Parade Sambutan

Budi Purwanto juga mengatakan pihak PT Sentul City, Tbk, sebagai pengembang kota yang nyaman dengan mengedepankan kelestarian lingkungan hidup akan menjadi model sebuah kota yang berkualitas tinggi untuk hidup yang dibangun dengan berwawasan lingkungan. “Hasil dari kerjasama ini akan dapat menjadi rujukan pembangunan berwawasan lingkungan di Indonesia maupun di dunia,” tandasnya. (Nan)

Tinggalkan Balasan