Pilihan Redaksi, SUMEDANG

Sumpah Pemuda, Bupati Sumedang serahkan penghargaan desa sadar hukum

Penulis: Redaksi | Editor: Redaksi

SUMEDANGONLINE: Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2016 berlangsung di Alun-alun Sumedang, Jumat (28/10/206), ditandai dengan penyerahan penghargaan “Anubhawa Sasana” bagi Desa dan Kelurahan Sadar Hukum Tahun 2016.

Penyerahan dilakukan oleh Bupati H. Eka Setiawan yang bertindak selaku Pembina Upacara yang juga membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi dalam amanatnya.

Piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp. 10 juta secara simbolis diberikan kepada Desa Situmekar Kecamatan Cisitu sebagai perwakilan dari Wilayah I, Desa Bojongloa Kecamatan Buahdua dari Wilayah II, Desa Cibungur Kecamatan Rancakalong dari Wilayah III, dan Desa Mekarwangi Kecamatan Tomo dari Wilayah IV. Sementara Kecamatan Cisitu mendapatkan Medali Anubhawa Sasana sebagai kecamatan yang semua desanya telah ditetapkan sebagai Desa Sadar Hukum.

Penetapan Desa/Kelurahan Dasar Hukum tersebut berdasarkan atas Keputusan Gubernur Jawa Barat No. 180/Kep.741-Huk/2016 tanggal 28 Juli 2016 tentang Penetapan Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2016.

Dari 270 desa dan 7 kelurahan yang ada di Kabupaten Sumedang, sampai dengan Tahun 2016 baru 135 desa/kelurahan yang sudah ditetapkan sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum atau baru 48,91 %. Sedangkan dari 26 kecamatan, baru 6 kecamatan yang semua desanya sudah ditetapkan sebagai Desa Sadar Hukum yaitu Kecamatan Cisitu, Kecamatan Surian, Kecamatan Ganeas, Kecamatan jatigede, Kecamatan Tanjungmedar dan Kecamatan Cisarua.

Berdasarkan Keputusan Bupati Sumedang No. 183.4/KEP.170-HUK/2016 tentang Penetapan Desa/Kelurahan Binaan Sadar Hukum di Kabupaten Sumedang, pada Tahun 2016 di Kabupaten Sumedang terdapat 84 Desa/Kelurahan Binaan yang tersebar di 24 kecamatan.

Selanjutnya, ke-84 desa/kelurahan tersebut diajukan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk ditetapkan sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum. Tetapi dari jumlah tersebut, hanya 50 desa/kelurahan yang memenuhi
kriteria sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

Kriteria tersebut antara lain adalah pelunasan PBB mencapai 90 % atau lebih, rendahnya atau tidak adanya perkawinan di bawah umur sesuai UU No. 1 Tahun 2016 tentang Perkawinan, rendahnya angka kriminalitas dan kasus Narkoba, tingginya kesadaran masyarakat akan kebersihan dan kelestarian lingkungan, dan rendahnya angka putus sekolah.

Upacara dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Sumedang, unsur TNI dan Polri, PNS, organisasi kepemudaan, anggota Gerakan Pramuka, mahasiswa dan pelajar. Kusmana dari unsur KNPI Kabupaten Sumedang bertindak selaku Perwira Upacara dan Gan Gan Lesmana dari Pemuda Pancasila sebagai Komandan Upacara. Sedangkan pasukan pengibar bendera dari Paskibraka Kabupaten Sumedang.

Dalam upacara tersebut, turut diserahkan penghargaan kepada Grup Qasidah Modern El-Ma’wa dari Pondok Pesantren Darul Hikmah Sukawangi Kecamatan Tanjungkerta sebagai Juara II Tingkat Nasional pada ajang Pospenas VII 2016 di Banten untuk Cabang Seni Musik Islami. (hum)

Respon (0)

Tinggalkan Balasan