Menu

Mode Gelap

Nasional · 20 Des 2016 02:20 WIB ·

Jabar Bantu 4 Milyar Untuk Korban Gempa Aceh

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

PIDIE JAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh senilai Rp 4 Miliar.

Bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) simbolis kepada Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas di Posko Utama bencana, Jalan Iskandar Muda, Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Senin (19/12/2016).

Gubernur Aher mengungkapkan, senilai Rp 2 Milyar dari bantuan ini adalah murni dari APBD Jabar dan akan masuk ke APBD Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya. Sisanya merupakan dana swadaya dari masyarakat yang dikumpulkan melalui Baznas Jabar dan Rumah Zakat serta bantuan dari Coorporate Social Responcibility (CSR) Bank Jabar & Banten.

“Jadi yang 2 Milyar ini akan masuk ke APBD Pidie Jaya, kemudian 1 Milyar untuk pembangunan Masjid, 800 Juta untuk pembangunan sekolah dan sisanya untuk logistik serta dapur umum,” ungkap Aher.

Selain memberikan bantuan uang, Jabar juga telah mengirimkan 17 tenaga medis yang telah berada di Pidie sejak seminggu lalu. Mereka berasal dari beberapa rumah sakit pemerintah di Jawa Barat dan telah menangani korban luka-luka.

Baca Juga  PAC IPNU IPPNU Pamulihan Gelar Pelantikan Periode ke-3

Menurut Aher, Jabar dan Aceh memiliki ikatan yang sangat kuat sejak dulu terutama dari sisi sejarah. Selain itu masyarakat Jabar pun banyak yang berada di Aceh maupun sebaliknya.

“Persaudaraan Jabar dan Aceh itu sangat erat. Kami pun datang dengan empati yang sangat besar walaupun bantuannya tidak besar.kami ingin menengok saudara kami di Pidie Jaya ini ” katanya.

“Mudah-mudahan musibah ini segera terselesaikan dan masyarakat kembali ke sedia kala. Bangunan yang rusak pun perlahan dibangun kembali. Kami masyarakat Jawa Barat mendoakan masyarakat Pidie Jaya,” lanjut Aher.

Ditempat yang sama, Bupati Pidie Jaya Aiyub Abbas mengucapkan rasa terima kasihnya. Ia mengatakan bantuan ini akan segera disalurkan untuk korban gempa dan membangun kembali infrastruktur yang hancur.

Baca Juga  Patok Batas Sumedang Diklaim Milik Indramayu, Kades Ciawitali Minta Bupati Turun Tangan

“Terima kasih, kami atas nama pemerintah Pidie Jaya merasa lega,Alhamdulillah ini sangat bermanfaat bagi kami,” ujarnya.

Usai menyerahkan bantuan, Aher bersama Bupati Pidie Jaya, Dirut Bank BJB, Ketua Baznas Jabar dan Rumah Zakat berkesempatan mengunjungi Posko Jawa Barat Peduli Gempa Aceh yang telah didirikan di Gampong Deah Teumanah Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya yang merupakan daerah terdampak gempa cukup parah.

Di Posko Jabar ini telah didirikan dapur umum, sekolah darurat, pos trauma healing, pos kesehatan dan pos segar. Di sekitar lokasi inipun akan dibangun kembali masjid Darul Ihsan melalui bantuan dari Jawa Barat.

Setelah meninjau lokasi pengungsian Aher pun melaksanakan Shalat Dzuhur berjamaah bersama masyarakat korban gempa di sebuah tenda yang sudah disediakan dilanjutkan dengan tausiyah oleh Gubernur Aher.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA