Home / Nasional

Rabu, 4 Oktober 2017 - 00:40 WIB

Waspada, sejumlah wilayah di Jawa Barat rawan banjir dan longsor

Kondisi struktur tanah yang labil dan dipicu oleh hujan deras telah menyebabkan gerakan tanah atau longsor yang cukup luas di wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.Bencana longsor yang menimbulkan kerusakan ratusan rumah terjadi di lima dusun di Desa Waringinsari Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (01/10) pukul 17.30 WIB.

  GAMBAR_25154: Kondisi struktur tanah yang labil dan dipicu oleh hujan deras telah menyebabkan gerakan tanah atau longsor yang cukup luas di wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.Bencana longsor yang menimbulkan kerusakan ratusan rumah terjadi di lima dusun di Desa Waringinsari Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (01/10) pukul 17.30 WIB.


BANDUNG – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Dicky Syahroni meminta warga Jawa Barat untuk waspada saat memasuki musim penghujan. Apalagi sebut dia, dalam rentang waktu seminggu ini sudah terjadi musibah banjir dan longsor. Salahsatunya longsor di Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, serta banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung, Sukabumi, Cikaso, Sumedang, Bogor selain itu terjadi pula puting beliung terjadi di Karawang.

Baca Juga  Kemendes PDTT Perkuat Kerja Sama dengan Kejaksaan Agung

”Kita dari siaga kekeringan itu meskipun batas waktunya sampai 31 Oktober, tapi melihat cuaca seperti ini, didahulukan musim hujan. Oleh karena itu posisi kita siaga musim hujan harus di berlakukan untuk BPBD,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Dicky Syahroni seperti dilansir laman resmi pemerintah provinsi Jawa Barat.

Baca Juga  Genangan air masih tinggi, hindari kawasan Kahatex macet total

Lebih lanjut Dicky mengatakan, jika sebelumnya Pemprov Jabar melakukan kesiapan untuk droping air bersih, mulai saat ini pihaknya tengah siap siaganya ke musim hujan sehingga kita siapkan dua hal hal tersebut dan tetap kita lakukan. “Jika ada kekeringan tetap kita lakukan, kalau musim hujan siaga jadi dua hal itu kita lakukan bersama sama,” kata Dicky. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Nasional

BNPB Imbau Pemudik Waspadai Bencana Selama Lebaran
Kapolres Jakbar beri keterangan terkait kasus penimbunan obat Covid di Kalideres.

Nasional

Kasus Dugaan Penimbunan Obat Covid-19, Polisi Periksa 21 Saksi
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) yang juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggelar jumpa pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (27/8/20).

Nasional

Jumat, Ridwan Kamil Jalani Penyuntikan Pertama Relawan Vaksin COVID-19
Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Nasional

Jasa Marga Bakal Sesuaikan Tarif Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road, Ini Rinciannya

Nasional

Gempa Kembali Guncang Lombok, Nurhasan: Kita Perlu Muhasabah
Kartu Sembako Murah

Nasional

Pemerintah Tambah Jumlah Penerima dan Besaran Kartu Sembako

Nasional

NU persilakan masyarakat sumbang pohon untuk Garut, Sumedang
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali (Foto: Kemenag)

Nasional

Pembatalan Keberangkatan Haji, Kemenag: Arab Saudi Belum Buka Akses Layanan