Waspada, sejumlah wilayah di Jawa Barat rawan banjir dan longsor

 /SUMEDANGONLINE
Kondisi struktur tanah yang labil dan dipicu oleh hujan deras telah menyebabkan gerakan tanah atau longsor yang cukup luas di wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Bencana longsor yang menimbulkan kerusakan ratusan rumah terjadi di lima dusun di Desa Waringinsari Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, pada Minggu (01/10) pukul 17.30 WIB.

BANDUNG – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Dicky Syahroni meminta warga Jawa Barat untuk waspada saat memasuki musim penghujan. Apalagi sebut dia, dalam rentang waktu seminggu ini sudah terjadi musibah banjir dan longsor. Salahsatunya longsor di Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, serta banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung, Sukabumi, Cikaso, Sumedang, Bogor selain itu terjadi pula puting beliung terjadi di Karawang.

”Kita dari siaga kekeringan itu meskipun batas waktunya sampai 31 Oktober, tapi melihat cuaca seperti ini, didahulukan musim hujan. Oleh karena itu posisi kita siaga musim hujan harus di berlakukan untuk BPBD,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Dicky Syahroni seperti dilansir laman resmi pemerintah provinsi Jawa Barat.

Lebih lanjut Dicky mengatakan, jika sebelumnya Pemprov Jabar melakukan kesiapan untuk droping air bersih, mulai saat ini pihaknya tengah siap siaganya ke musim hujan sehingga kita siapkan dua hal hal tersebut dan tetap kita lakukan. “Jika ada kekeringan tetap kita lakukan, kalau musim hujan siaga jadi dua hal itu kita lakukan bersama sama,” kata Dicky. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK