UNPAD Kolaborasi dengan UKM Sumedang dalam Program Kawasan Sains Teknologi (KST)

SUMEDANG ONLINE, BANDUNG: Ketua Tim Pengelola KST Unpad Prof. Dr. Edy Sunardi, Ir., M.Sc., saat memaparkan sejumlah rencana program pengembangan KST dalam Workshop Pengembangan Program KST di Bidakara Grand Savoy Homann Hotel, Bandung, Selasa (12/12).

Prof. Edy mengatakan, tujuan pengembangan KST Unpad salah satunya sebagai jembatan pengembangan usaha lokal agar mampu bersaing di tingkat global. Hal ini selaras dengan tujuan dasar didirikannya KST di Indonesia sesuai amanat Presiden Joko Widodo, yaitu menggerakkan roda perekonomian lokal di sekitar kawasan tersebut.

Dalam perkembangannya, Unpad telah berkolaborasi dengan sejumlah UMKM dari 4 kota/kabupaten di Jawa Barat, yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang. Nantinya, KST juga akan terkoneksi dengan masterplan Taman Budaya Ilmu dan Teknologi (TBIT) Sumedang, Bandung Teknopolis, dan Taman Tekno Kabupaten Bandung.

Lebih lanjut Prof. Edy mengatakan, model pengembangan UMKM yang dilakukan di KST berupa penyiapan unit usaha yang diintegrasikan dengan ilmu dan teknologi. Melalui peran Pusat Inkubator Bisnis (PIB) Unpad, UMKM juga akan dilakukan proses inkubasi. Capaian akhirnya adalah UMKM diharapkan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Prof. Edy juga berharap Pemkab Sumedang bisa bekerjasama dengan Unpad untuk KST Unpad ini untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumedang khususnya UMKM Sumedang.

Sementara itu Ketua Komunitas Kreatif Hanjuang Sumedang, Yayan NK mengatakan bahwa kolaborasi ini sudah dimulai 2016 yang lalu dan berharap semoga KST Unpad bisa menjadi wadah positif yang bisa ditangkap dan direspon positif Pemkab Sumedang sehingga setiap ada yang ingin membantu memajukan Sumedang agar segera direspon dan dibantu maksimal.

Saat ini belasan ukm Sumedang sedang melakukan presentasi produk – produknya dihadapan Tim KST Unpad di Sultan Room Bidakara Grand Savoy Homann Hotel, Bandung. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK