Home / PENDIDIKAN / Pilihan Redaksi

Jumat, 19 Januari 2018 - 02:38 WIB

Kinerja IPB Terbaik di Tingkat Nasional



Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali menorehkan prestasi. Rektor IPB, Dr. Arif Satria menerima penghargaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI sebagai Peringkat 1 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) terbaik dalam Pelaksanaan Program dan Anggaran PTN Dengan Raport Kinerja Terbaik pada penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2018 di Medan (17/1).

Penutupan Rakernas 2018 kali ini disemarakkan dengan pemberian apresiasi terhadap unit-unit kerja dengan prestasi kinerja terbaik pada Tahun Anggaran 2017. Dalam penilaian prestasi kinerja Tahun Anggaran 2017, unit-unit kerja dikelompokkan dalam empat kategori, antara lain PTN Satuan Kerja (Satker), PTN Badan Layanan Umum (BLU), PTN Badan Hukum (PTN-BH), dan Kopertis.

Untuk kategori PTN-BH, penghargaan diberikan dengan mempertimbangkan indikator-indikator antara lain tingkat capaian kontrak kinerja, capaian realisasi BP PTN-BH, capaian fisik output gaji dan tunjangan dari APBN, capaian realisasi anggaran output gaji dan tunjangan dari APBN, kepatuhan pelaporan Uang Kuliah Tunggal (UKT), serta kepatuhan pelaporan dana non APBN yang dilaporkan melalui aplikasi SIMonev.

Baca Juga  Ini Kisaran Harga Sewa Rumah Dinas Wakil Bupati Sumedang

“Terima kasih kepada Prof.Dr. Herry Suhardiyanto dan jajaran yang telah mewariskan karya dan kinerja yang luar biasa. Semoga menjadi modal penting bagi kemajuan IPB ke depan,” ujar Rektor IPB, Dr. Arif Satria.

Menurut Dr. Arif Satria, pencapaian tersebut bukan kerja instant tapi buah kesabaran, ketekunan dan dukungan semua unit. Mulai dari merencanakan kegiatan dan anggaran, disiplin membelanjakan dan patuh aturan pertanggungjawaban. Lebih sulit lagi ketika aturan eksternal berubah, misalnya berakhirnya masa transisi PTN-BH, penetapan BOPTN dan akhirnya BPPTN BH. IPB sangat aktif terlibat dalam membantu penyusunan PP dan Permen pendanaan PTN BH, bahkan dalam beberapa hal menjadi inisiator butir peraturan tersebut.

“Dukungan auditor baik eksternal maupun internal juga penting, karena semua instansi masih gagap dengan aturan unik pada PTN-BH. Semoga IPB dan PTN-BH lainnya menjadi pioner dalam kemajuan pendidikan bangsa,” ujar Sekretaris Institut IPB, Dr. Ibnul Qayim.

Baca Juga  Besok Unpad selenggarakan Konferensi Internasional Lingkungan

Sementara itu, menurut Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Kajian Strategis IPB, Prof. Dr. Hermanto Siregar, IPB sangat serius dalam merencanakan program kerja yaitu dengan mengkombinasikan bottom up dan top down. Bottom up, dengan merumuskan program-program berdasarkan kebutuhan unit-unit kerja. Top down berdasarkan agenda strategis dari rektorat yang tentunya terkait juga dengan agenda kerja dari pemerintah pusat. Semua ini direncanakan dengan mempertimbangkan kemampuan anggaran baik dari APBN maupun non-APBN yang dapat dibangkitkan.
“Dengan demikian, alhamdulillah apa-apa yang direncanakan umumnya dapat dicapai. Tentunya semua ini adalah atas dukungan dan kerja keras semua pihak,” tutur Prof. Hermanto. (zul)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

BISNIS

Dony Kukuhkan Pengurus GARUDA Sumedang 2018-2021
Sejumlah ibu rumah tangga di RT 003/004 Dusun Cigobang, Desa Cikondang, Kecamatan Ganeas mengaku kebingungan pasca suaminya pulang merantau. Alasannya kini para suami mereka tak bisa berangkat ke tempat mereka bekerja, karena alasan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pilihan Redaksi

Suami Pulang Merantau Malah Bingung Balik, IRT di Cigobang Berharap Kehidupan Kembali Normal

Pilihan Redaksi

Galian C Tak Berizin, Wagub Minta Hentikan dan Pasang Police Line
12 jurnalis yang tergabung dalam IJTI Suma ini masih menjalani isolasi mandiri di GIM Sumedang karena hasil swab tak kunjung keluar.

Pilihan Redaksi

Hasil Swab Para Jurnalis Tak Kunjung Keluar, Bantuan Isolasi Juga Tak Datang

Pilihan Redaksi

DPMD Sumedang Ngajugjug Desa Numpak Motor

Pilihan Redaksi

Caleg dan 348 Calon Kades Gelar Deklarasi Damai di Sumedang

PENDIDIKAN

Operator, Guru dan Kepsek Ikut Bimtek Sistem Penjaminan Mutu Internal

Pilihan Redaksi

Toko kelontongan jual miras digaruk Satpol PP Sumedang