Home / Advertorial / PENDIDIKAN / Pilihan Redaksi

Kamis, 13 September 2018 - 16:34 WIB

Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca



[DESK d=SUMEDANG]Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Sumedang membuka Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan tema “Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan dalam Meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat”. Dalam kegiatan itu juga diserahkan akrilik dari Perpustakaan Nasional RI ke pemerintah setempat dan sebaliknya. Acara dipusatkan di Aula Tampomas Induk Pemerintahan Pusat Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang, Kamis (13/09/2018).

Kegiatan tersebut menghadirkan nara sumber Kepala Bidang Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI Opong Sumiati dengan materi kebijakan nasional, tentang pengembangan perpustakaan dan gemar membaca serta program-program yang dilaksanakan. Nara sumber lainnya dari legeslatif anggota DPR RI komisi X, Ratih Sanggarwati, dengan materi peranan legeslatif dalam mendukung regulasi dan penganggaran di bidang perpustakaan. Sementara Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Propinsi Jawa Barat Diwakili Ida Indrawati selaku Kabid Perpustakaan Deposit dan Pengembangan Bahan Perpustakaan membawakan materi implementasi tentang program pengembangan perpustakaan dan gemar membaca serta local content dan narasumber Kepala Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Ustadz Solmed Ceramah di PDAM

Bupati Sumedang Terpilih, Dony Ahmad Munir menyambut baik kegiatan tersebut. Dia menyebutkan kegiatan tersebut dapat memberikan motivasi atau inspirasi, dengan membaca dapat menumbuhkan pengetahuan serta sebagai acuan untuk masyarakat dalam peningkatan budaya baca.

“Memberikan apresiasi kepada Perpustakaan RI, DPR Komisi X dan Kadis Arsip yang telah menyelenggarakan kegiatan gerakan nasional gemar membaca, sebuah kegiatan yang sangat positif. Yang akan memberikan kemanfaatan kepada kita semua, sehingga kita menjadi bagian yang ikut meningkatkan indeks membaca di Kabupaten Sumedang,” kata Dony Ahmad Munir.

Baca Juga  Kantor Arsip Daerah Sumedang terus bebenah

Kepala Pusat Perpustakaan Nasional RI yang disampaikan Opong Sumiati selaku Kabid Pengembangan Pustakawan mengatakan, jika melihat hasil survey berkaitan dengan minat baca masyarakat Indonesia menunjukkan masih kurang menggembirakan.

“Namun, nanti kita coba cermati kembali. Apakah kondisi minat baca masyarakat tersebut bertolak belakang dengan kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia, sebenarnya cukup tinggi. Kita dapat saksikan bersama antusiasme anak-anak untuk membaca tinggi dengan bahan bacaan, tinggal bagaimana kita dapat menjaga dan mengembangkan antusiasme tersebut menjadi bagian dari gaya hidup,” ujar Popong. (iwan)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan saat meninjau langsung pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Terminal Tipe A Ciakar Sumedang, secara keseluruhan dia menilai terminal Ciakar telah menerapkan protokol kesehatan. Rabu, 10 Juni 2020.

Pilihan Redaksi

Bus Jurusan Sumedang Bekasi dan Kampung Rambutan Telah Bisa Beroperasi

Nasional

Babinsa Garda Terdepan Antisipasi Isu Meresahkan

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Belum Tetapkan KLB, Masih Waspada Demam Berdarah

Pilihan Redaksi

Imbas Disposal Cisumdawu, banjir tutup Jalan Rancakalong-Pamulihan

Pilihan Redaksi

Mau makan Lele sampe ke tulang-tulangnya? Sambel Layah pilihannya

Pilihan Redaksi

Berbagai Lomba, Talkshow, dan Doorprize Warnai Perayaan Harlah Fatayat NU JABAR

Nasional

Pahami Rasionalisasi Pegawai secara rasional

Pilihan Redaksi

Milad PT. Masoem ke 44, Diisi Kegiatan Sosial dan Tabligh Akbar