Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 23 Nov 2018 15:49 WIB ·

Setelah Sempat Ditunda, Data Sidalih di Sumedang Sudah 100 Persen

REPORTER: ADMIN | EDITOR: ADMIN

Divisi Perencananaan Data dan Informasi pada KPU Sumedang, Rahmat Suanda Pradja

RAHMAT KPU: Divisi Perencananaan Data dan Informasi pada KPU Sumedang, Rahmat Suanda Pradja

SUMEDANG – Setelah sempat ditunda penetapan DPT Hasil Perbaikan Tahap Dua, karena ada rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu. Hal itu karena terdapat perbedaan Antara Data Manual dengan Sidalih DPT Hasil Perbaikan (DPTHP), KPU Kabupaten Sumedang mengklaim kini seluruh data telah masuk 100 persen ke Sidalih.

“Berdasarkan Rekomendasi Bawaslu bahwa Sumedang untuk penetapan Sidalihnya di tunda karena belum 100 persen sama dengan yang manual. Alhamdullillah, hari kemarin pukul 03.00 lebih progress Sidalih Sumedang selesai,” kata Divisi Perencananaan Data dan Informasi pada KPU Sumedang, Rahmat Suanda Pradja di Ruang Kerjanya, Kamis (22/11/2018).

Baca Juga  Ini Wawancara Ade dengan Wartawan Sebelum Ditahan

Selanjutnya sebut Rahmat, pihaknya tinggal melakukan pencermatan kembali. Karena kata dia, data yang unggah ke sidalih masih mentah, dan pihaknya harus mengunduh ke format csv untuk dapat dikonversi nantinya menjadi file excel dan pdf. Termasuk pengolahan data dengan pemberian tanda bintang.

“Kenapa harus diolah kembali, karena berdasarkan aturan kita tidak boleh memberikan informasi atau data tentang data kependudukan secara utuh. Jadi untuk data NIK nya itu akan diberikan tanda bintang, sehingga tidak itu. Ini untuk menghindari penyalahgunaan berbagai hal,” jelasnya.

Lanjutnya tim tabulasi Kabupaten Sumedang, setelah diunduh CSV akan kembali melakukan pencermatan jumlah, apakah sesuai dengan jumlah sebaran per TPS, laki perempuan dan keterangan lainnya.

Baca Juga  Duarrr, 4 dus petasan meledak bikin heboh warga Kota Sumedang

“Sehingga begitu kami memberikan kepada Parpol dan Bawaslu data itu, data yang paling bisa dipertanggung jawabkan paling mutahir, sehingga tidak ada permasalahan ke depan. Tidak ada gugatan,” terang dia.

Sesuai dengan Rekom Bawaslu RI, bahwa pencermatan DPTHP-2 ditunda 30 hari kedepan. Berdasarkan tanggal saat Rakor Nasional, untuk penetapan di KPU Kabupaten tanggal 5-7 Desember, selanjutnya di Provinsi 11-12 Desember dan RI, 15 Desember 2018. [iwan]

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Buka Festival Kopi Sumedang, Wabup: Bidik Ekspor ke Mancanegara

26 Oktober 2021 - 17:39 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan berharap kopi Sumedang makin terkenal bahkan bisa ekspor ke Manca Negara. Hal itu dikatakan Erwan saat membuka Festival Sumedang ke-3 di Kawasan Induk Pusat Pemerintahan Setda Sumedang. Selasa, 26 Oktober 2021.

Sumedang Gelar Pilkades Ditengah Pandemi Covid-19, Wabup Sumedang: Terapkan Protokol Kesehatan Agar Tidak Terjadi Cluster Baru

25 Oktober 2021 - 14:13 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan mengingatkan berbagai pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak 2021, 27 Oktober 2021 saat Apel Kesiapan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Sumedang di Alun-Alun Sumedang. Senin, 25 Oktober 2021.

750 Personel Polisi Siap Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Sumedang

25 Oktober 2021 - 14:01 WIB

Dari sebanyak 1.200 personel dari Polres Sumedang, 750 diantaranya bakal dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades serentak) di Kabupaten Sumedang pada 27 Oktober 2021.

Naik Singa Depok Desa Tarunajaya, Wabup Erwan Inginkan Kaulinan Barudak Jadi Event Olimpiade

21 Oktober 2021 - 17:40 WIB

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan saat menaiki singa depok dari Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja pada pagelaran Sadinten Ulin di Sagara Munjul yang menampilkan berbagai kaulinan barudak tempo dulu.

Kenalkan Kaulinan Barudak Tempo Dulu, Desa Sukamenak Gelar Sadinten Ulin di Sagara Munjul

21 Oktober 2021 - 17:12 WIB

Permainan Silat dari Desa Darmajaya, Kecamatan Darmaraja di tampilkan dalam pagelaran Sadinten Ulin di Sagara. Kamis, 21 Oktober 2021.

Manager Sepak Bola PON Jabar Bangga Timnya Lolos 6 Besar

3 Oktober 2021 - 22:14 WIB

Tim Jawa Barat lolos ke babak 6 besar Sepak bola Pon Papua setelah mengalahkan Maluku Utara dengan skor 3-1 di Stadion Mahacandra, Kota Jayapura, Minggu.
Trending di OLAHRAGA