AKSI Sumedang Kecam Penggundulan Tersangka Tragedi SMPN 1 Turi

Ketua Umum AKSI Kabupaten Sumedang, Elis Herawati

SUMEDANG.ONLINE, SUMSEL (26/2/2020) – Polisi yang telah menetapkan pembinan Pramuka SMP Negeri 1 Turi, sebagai tersangka lalai yang menyebabkan 10 siswanya wafat saat susur Sugai Sempor, Donokerto, Turi, Sleman. Namun aksi penegak hukum itu mendapat reaksi keras dari dunia pendidikan, terutama saat mereka melihat bagaimana para tersangka harus digunduli dan berjalan dengan pakaian pesakitan.

“Kami Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI), menyatakan sikap keberatan terhadap tindakan penegak hukum yang memeperlakukan guru seperti prilaku kriminal murni. Saya sampaikan bahwa tindakan seorang guru dengan segala kekhilapannya dibingkai dalam niat pendidikan dan kode etik profesi guru. Kesalahan yang dilakukannya tidak didasari kesengajaan karena tidak ada niat mencelakakan, melukai, atau mengorbankan anak didiknya,” ujar Ketua Umum AKSI Kabupaten Sumedang, Elis Herawati dalam keterangan tertulis pada SUMEDANG ONLINE.

Baca Juga  NU Sumedang Ingatkan Bahaya Narkoba

Dikatakan dia, musibah yang terjadi tidak bisa dibebankan semua penyebabnya kepada guru. “Semua kejadian adalah kehendak Tuhan. Guru tidak bisa memprediksi apa yang akan dilakukan Tuhan. Jika Tuhan berkehendak apapun bisa terjadi.”

Baca Juga  Turunan licin usai hujan, pick up terjun bebas ke jurang,

“Kami mohon perlakukan guru guru secara terhormat. Besar kecilnya, dari presiden, jenderal, polisi, jaksa, menteri, tidak ada yang bisa lepas dari takdir bahwa dia dibesarkan oleh guru. Kekhilapan adalah sifat manusia. Namun jangan karena  kekhilapannya seluruh martabat guru direndahkan. Demikian kami sampaikan. Semoga dapat jadi pelajaran bagi kita semua. Semoga guru guru yang sedang mendapat ujian diberi kesabaran,” pungkasnya. *IWAN RAHMAT*

Baca Juga  Ini tiga poin permasalahan dampak sosial Jatigede menurut Kang TB Hasanuddin

Respon (1)

  1. Orang-orang ini tidak punya perasaan, sudah jelas2 ketiga orang ini lalai menjaga siswanya malah dibela!?!!
    Dibalik gimana kalau anaknya yang jadi korban tenggelam kayak siswa susur sungai itu???(

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ingin menerima update terbaru dari SUMEDANGONLINE OK TIDAK