Home / Nasional

Selasa, 31 Maret 2020 - 11:37 WIB

Gubernur: Sisihkan Gaji/Tunjangan ASN untuk COVID-19 Adil dan Proporsional

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

GUBERNUR JAWA BARAT RIDWAN KAMIL GUBERNUR JAWA BARAT RIDWAN KAMIL: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil


SUMEDANG.ONLINE, KOTA BANDUNG РGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan penyisihan gaji atau tunjangan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganut azas adil dan proporsional.

Penyisihan gaji dan tunjangan juga berlaku untuk Gubernur dan Wakil Gubernur.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan, penyisihan gaji atau tunjangan tersebut berlaku hingga empat bulan mendatang. Besarannya akan berbeda-beda per ASN menyesuaikan dengan jabatan dan golongan. Namun ia memastikan persentasenya akan adil dan proporsional.

“Persentasenya adil dan proporsional, jadi tidak sama jumlahnya. Ini selama empat bulan ke depan,” ujarnya saat konferensi pers di Gedung Pakuan Bandung, Senin (30/3/20).

Menurut Kang Emil, penyisihan gaji atau tunjangan ASN untuk membantu penanganan COVID-19 ini sebagai bentuk aksi bela negara yang akan dilakukan oleh seluruh ASN Pemda Provinsi Jabar.

Baca Juga  Gubernur Ridwan Kamil Ingatkan Tiga Larangan Tahun Baru

“Inilah bela negara dari para ASN kita,” ucapnya.

Walaupun diberlakukan hanya untuk ASN Pemda Provinsi Jabar, namun Kang Emil juga mengimbau seluruh ASN di 27 pemerintah daerah di Jabar untuk melakukan hal serupa.

“Ini untuk ASN Pemprov Jabar saja tapi saya imbau ASN di 27 kota/ kabupaten juga mengikutinya,” harapnya.

Penanganan COVID-19 adalah gerakan bersama, oleh karena itu Kang Emil meminta semua pihak untuk membangun kerelawanan sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Juga kami mengimbau semua pihak yang punya tenaga sesuai arahan Presiden agar kita membangun kerelawanan,” kata Kang Emil.

Baca Juga  [PRAY FOR NTB] Alat Berat Bantu Evakuasi Korban Tertimpa Reruntuhan Masjid

Untuk itu, selain penyisihan gaji atau tunjangan, ASN Pemprov Jabar juga diwajibkan untuk menjadi relawan bagi penanganan wabah COVID-19.

“Sudah saya wajibkan semua ASN Pemprov Jabar menjadi relawan bagi penanggulangan COVID-19,” ujarnya.

Selain ASN, Kang Emil juga mengajak karang taruna, pramuka dan pemuda lainnya untuk juga menjadi relawan dengan mendaftar di aplikasi Pikobar. Para relawan tersebut akan melakukan kampanye physical distancing hingga memverifikasi warga miskin baru yang akan mendapatkan bantuan dampak ekonomi COVID-19.

“Mereka akan melakukan tiga urusan yaitu kampanye physical distancing boleh melalui spanduk, melakukan verifikasi kepada warga yang akan mendapatkan bantuan Rp.500 ribu, lalu menjadi relawan kesehatan,” jelasnya. *HUMAS JABAR*

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Nasional

Dampingi Presiden Jokowi di Munas dan Konbes NU, Menpora Ajak Santri Jaga NKRI dari Radikalisme

Nasional

KONFERWIL NU – Aher: mari kembangkan Islam di Jawa Barat
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur

Nasional

Highlight Capaian Reformasi Birokrasi 2016
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berencana akan memperluas pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu dikatakannya saat rapat evaluasi pelaksanaaan PSBB di Gedung Pakuan Jalan Otista No. 1 Kota Bandung. Sabtu, 25 April 2020.

Nasional

Gubernur Jawa Barat Akan Evaluasi Penyaluran Bantuan
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat memberikan penghargaan bidang lingkungan hidup Raksa Prasada 2020 kepada kabupaten/kota di Jabar yang peduli lingkungan hidup sekolah, sekolah berbudaya lingkungan atau Adiwiyata, dan Program Kampung Iklim (ProKlim) Utama Kabupaten/Kota di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (8/12/2020).

Nasional

Ini Nama Penerima Penghargaan Raksa Prasada 2020 dari Gubernur Jabar
Rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (6/4/20).

Nasional

Pengajuan PSBB di Jabar Berdasarkan Peta Persebaran COVID-19

Nasional

PP Gaji ke-13 dan THR Sudah Terbit
Ketua Dekranasda Provinsi Jabar Atalia Ridwan Kamil meninjau kegiatan pelatihan pembuatan face shield (pelindung wajah) dan masker di Gedung Cimahi Techno Park, Kota Cimahi, Senin (29/6/2020).

Nasional

Dimasa Pandemi Covid 19, Atalia Ridwan Kamil Dorong UMKM Jabar Kreatif dan Inovatif