Menu

Mode Gelap

PENDIDIKAN · 17 Jun 2020 01:26 WIB ·

Gus Hasan Sambut Baik Kepgub Protokol AKB di Pondok Pesantren

REPORTER: RADIO RAJA FM | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Gus Hasan saat ditemui di Kompleks Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3, Cilamaya, Kabupaten Karawang, Senin (15/6/2020) malam WIB.

DUDI/HUMAS JABAR BERI APRESIASI: Gus Hasan saat ditemui di Kompleks Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3, Cilamaya, Kabupaten Karawang, Senin (15/6/2020) malam WIB.

KAB. KARAWANG, SO — Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat (Jabar) yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3 Karawang KH. Hasan Nuri Hidayatullah menyambut baik Keputusan Gubernur (Kepgub) Jabar No:443/Kep.326-Hukham/2020 tentang Perubahan atas Kepgub Jabar No 443/Kep.321-Hukham/2020 tentang Protokol Kesehatan untuk Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Lingkungan Pondok Pesantren.

Sosok yang akrab disapa Gus Hasan itu mengatakan, Kepgub tersebut pada prinsipnya dibuat oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar untuk mencegah penularan COVID-19 di lingkungan pondok pesantren (ponpes) jelang penerapan new normal atau di Jabar dikenal sebagai Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Saya yakin tujuan (Kepgub Jabar terkait protokol AKB di ponpes) dalam rangka melindungi masyarakat, melindungi para kiai, asatidz, dan santri,” ucap Gus Hasan saat ditemui di Kompleks Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3, Cilamaya, Kabupaten Karawang, Senin, 15 Juni 2020 malam WIB.

Baca Juga  Hadi Prabowo Jadi Lulusan Terbaik S2 IPDN 2019

Gus Hasan menambahkan, COVID-19 merupakan pandemi global yang harus ditangkal sehingga penerapan protokol kesehatan, termasuk protokol khusus di ponpes, adalah salah satu cara melawan COVID-19.

“Di pesantren tetap harus memakai masker saat kegiatan, sesering mungkin cuci tangan, menjaga jarak antar personal,” ujar Gus Hasan.

“Prinsipnya saling menjaga, kami senang kebijakan yang terbit merupakan arahan untuk menjaga lingkungan pesantren,” katanya.

Adapun Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3 sendiri menyiapkan bilik disinfektan di gerbang kampus dan melakukan pengecekan suhu tubuh bagi pihak yang ingin memasuki kompleks pesantren.

Tak hanya itu, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3 juga menyiapkan puluhan tempat cuci tangan di sudut-sudut kelas dan kobong (tempat santri menginap) sehingga para santri bisa dengan mudah mengakses sarana untuk mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga  Tahun Ajaran Baru, Jual Beli LKS Marak

“Kami pun sejak awal sudah menyiapkan tempat-tempat cuci tangan sebelum masuk ruang belajar, ruang mengaji, juga melakukan pembatasan jarak atau mengatur saf saat salat berjamaah, serta menggunakan masker. Itu semua sudah dilakukan sejak awal (penyebaran) COVID-19,” kata Gus Hasan.

Gus Hasan menjelaskan bahwa kurang lebih 1.300 santri di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 3 pun belum seluruhnya diizinkan masuk atau kembali ke pesantren.

Para santri tersebut akan kembali ke pesantren secara bertahap dengan prioritas bagi santri yang berasal dari Zona Biru dan Zona Hijau.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Dandim 061/Sumedang Berikan Latihan Dasar Kepemimpinan pada Siswa SMA IT Insan Sejahtera

11 Januari 2022 - 17:16 WIB

Kodim 0610/Sumedang memberikan Latihan Dasar Kepemimpinan kepada Siswa SMA IT Insan Sejahtera di Linkungan Toga Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Selasa (11/01/2022).

Ponpes Miftahul Huda Gelar Silaturahmi Walisantri, Abdul Aziz: Apresiasi Undang-Undang Pesantren

8 Januari 2022 - 18:32 WIB

Alumni Pesantren miftahul huda manon jaya Tasik malaya yang berada dikabupaten Sumedang adakan kegiatan silaturahmi wali santri (Salisan) yang diadakan di pesantren miftahun hasanah, Sabtu 8 Januari 2022.

636 Peserta Ambil Bagian dalam Pentas PAI SD Tingkat Kabupaten Sumedang

16 Desember 2021 - 12:52 WIB

Pentas PAI SD Tingkat Kabupaten Sumedang tahun ini mengambil tema "Beritikad Membangun Generasi Islami, Bertekad Mewujud Sumedang SIMPATI". Kegiatan dilaksanakan di beberapa lokasi seperti Aula Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang, Aula Pusdai, Gedung Islamic Center, PCNU, SMK Pusdai, SDN Gudang Kopi dan SDN Pasarean.

Kris Sujatmoko, Dosen Telkom University Menjadi Visionary Educator 2021

8 November 2021 - 12:02 WIB

Kris Sujatmoko, dosen Fakultas Teknik Elektro Telkom University berhasil meraih penghargaan sebagai Visionary Educator 2021. Penghargaan tersebut diberikan oleh UiPath pada 26 Oktober 2021 lalu.

Leader’s Talk 27: Menjadi Pemimpin Inovatif di Era Globalisasi Digital

4 November 2021 - 07:04 WIB

Telkom University kembali menggelar Leader’s Talk ke-27 pada Rabu (3/11) di Auditorium Telkom University (Gd. Damar)

Peneliti Telkom University Salah Satu Ilmuwan Terbaik Dunia

3 November 2021 - 01:36 WIB

Telkom University
Trending di PENDIDIKAN