Home / SUMEDANG

Selasa, 22 September 2020 - 19:10 WIB

Bersama Prajurit Yonif R-301, Danrem 062 Terjun Sebrangi Waduk Jatigede

200 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301/PKS menyebrangi Waduk Jatigede dalam pelaksanaan Latihan Pemeliharaan Yonif Raider 301/PKS yang sudah memasuki tahap Rawa Laut, Selasa 22 September 2020.

IST.YONIF RAIDER 301/PKS SEBRANGI JATIGEDE: 200 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301/PKS menyebrangi Waduk Jatigede dalam pelaksanaan Latihan Pemeliharaan Yonif Raider 301/PKS yang sudah memasuki tahap Rawa Laut, Selasa 22 September 2020.


DARMARAJA, SUMEDANGONLINE — Komandan Korem (Danrem) 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin, mampu menyebrangi Waduk Jatigede dengan cara berenang. Hal itu dilakukannya bersama 200 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301/PKS di perairan Waduk Jatigede, kawasan Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Selasa 22 September 2020.

Kegiatan itu, dilakukan dalam rangka Latihan Pemeliharaan Yonif Raider 301/PKS yang sudah memasuki tahap Rawa Laut. Salah satu materi yang sedang dilatihkan, merupakan renang taktis yang dilaksanakan di Waduk Jatigede. Pada materi itu, prajurit melaksanakan renang secara taktis dengan membawa beban perlengkapan tempur meliputi ransel, helm dan senjata.

Latihan renang taktis sendiri, merupakan kegiatan yang diprogramkan dalam latihan pemeliharaan  Raider untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan perorangan prajurit Raider. Karena setiap prajurit Raider, harus memiliki kemampuan berenang secara taktis dengan membawa perlengkapan tempur menuju ke sasaran musuh, dengan tujuan seluruh daerah musuh dapat di kuasai.

Baca Juga  Ini Tiga Pesan Aa Gym Terkait Pilpres 2019

Latihan itu juga, bertujuan untuk melatih para prajurit sebelum dihadapkan dengan medan tugas yang penuh dengan resiko yang tinggi. Seperti halnya melintasi rawa, lautan serta sungai. Renang taktis ini juga, merupakan salahsatu keterampilan dan ketangkasan bagi para prajurit Raider yang wajib dimiliki.

Danyonif Raider 301/PKS Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.Ip , M.Ipol, memimpin langsung kegiatan renang taktis yang diikuti sekitar 200 prajurit itu. Menurutnya, butuh keterampilan khusus dalam melaksanakan renang taktis, karena dengan adanya perlengkapan tempur tidaklah mudah dilakukan.

Baca Juga  Soliditas TNI-Polri Tak Sekadar Slogan, Kapolres Sumedang Ikut Rayakan HUT Juang Kartika

“Butuh mental yang kuat dan terlatih, dikarenakan membawa beban rangsel helm dan senjata. Dan latihan ini dilaksanakan di Waduk Jatigede, untuk membiasakan Prajurit Raider agar terbiasa dengan latihan di medan sebenarnya,” tegasnya.

Di tempat sama, Komandan Korem 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin menjelaskan, pelaksanaan Latihan Pemeliharaan Raider tersebut, dilaksanakan agar Satuan Yonif Raider 301/PKS mahir dalam melaksanakan tugas pokok yang dihadapkan dengan medan sebenarnya. Danrem pun menyampaikan, akan mendukung sepenuhnya semua kegiatan latihan yang dilaksanakan Yonif Raider 301/PKS. Hal itu dibuktikan juga dengan dirinya, yang secara langsung terjun di tengah-tengah prajurit mengikuti renang taktis. Tujuannya, agar prajurit lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan latihan. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

Pilihan Redaksi

Dony Ingin Budaya Rancakalong jadi Seperti Balinya Sumedang

Pilihan Redaksi

Banyak Potensi Manuskrip di Sumedang, Disparbudpora Gelar Bimtek

Pilihan Redaksi

Besok 74 Calhaj asal Sumedang kembali diberangkatkan
Camat Cisitu, Ary Kusnadi, S.Ap memimpin pelaksanaan kegiatan Gerakan Melak Cengek (GMC) di halaman Kantor Kecamatan Cisitu, Jumat 11 September 2020.

SUMEDANG

Camat Cisitu Pimpin GMC Untuk Ketahanan Pangan

SUMEDANG

Kejati Jabar Tetapkan Bupati Sumedang Jadi Tersangka

Pilihan Redaksi

Penetapan APBD Lambat, Pengamat: Lucu Alasannya

Pilihan Redaksi

Perekaman KTP Elektronik Bisa Dilakukan di Stand Disdukcapil Sumedang

Pilihan Redaksi

Wartawan Online Bentuk IWO Sumedang