Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 22 Sep 2020 19:10 WIB ·

Bersama Prajurit Yonif R-301, Danrem 062 Terjun Sebrangi Waduk Jatigede

REPORTER: USEP ADIWIHANDA | EDITOR: USEP ADIWIHANDA

200 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301/PKS menyebrangi Waduk Jatigede dalam pelaksanaan Latihan Pemeliharaan Yonif Raider 301/PKS yang sudah memasuki tahap Rawa Laut, Selasa 22 September 2020.

IST.YONIF RAIDER 301/PKS SEBRANGI JATIGEDE: 200 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301/PKS menyebrangi Waduk Jatigede dalam pelaksanaan Latihan Pemeliharaan Yonif Raider 301/PKS yang sudah memasuki tahap Rawa Laut, Selasa 22 September 2020.

DARMARAJA, SUMEDANGONLINE — Komandan Korem (Danrem) 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin, mampu menyebrangi Waduk Jatigede dengan cara berenang. Hal itu dilakukannya bersama 200 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301/PKS di perairan Waduk Jatigede, kawasan Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Selasa 22 September 2020.

Kegiatan itu, dilakukan dalam rangka Latihan Pemeliharaan Yonif Raider 301/PKS yang sudah memasuki tahap Rawa Laut. Salah satu materi yang sedang dilatihkan, merupakan renang taktis yang dilaksanakan di Waduk Jatigede. Pada materi itu, prajurit melaksanakan renang secara taktis dengan membawa beban perlengkapan tempur meliputi ransel, helm dan senjata.

Latihan renang taktis sendiri, merupakan kegiatan yang diprogramkan dalam latihan pemeliharaan  Raider untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan perorangan prajurit Raider. Karena setiap prajurit Raider, harus memiliki kemampuan berenang secara taktis dengan membawa perlengkapan tempur menuju ke sasaran musuh, dengan tujuan seluruh daerah musuh dapat di kuasai.

Baca Juga  Soliditas TNI-Polri Tak Sekadar Slogan, Kapolres Sumedang Ikut Rayakan HUT Juang Kartika

Latihan itu juga, bertujuan untuk melatih para prajurit sebelum dihadapkan dengan medan tugas yang penuh dengan resiko yang tinggi. Seperti halnya melintasi rawa, lautan serta sungai. Renang taktis ini juga, merupakan salahsatu keterampilan dan ketangkasan bagi para prajurit Raider yang wajib dimiliki.

Danyonif Raider 301/PKS Mayor Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.Ip , M.Ipol, memimpin langsung kegiatan renang taktis yang diikuti sekitar 200 prajurit itu. Menurutnya, butuh keterampilan khusus dalam melaksanakan renang taktis, karena dengan adanya perlengkapan tempur tidaklah mudah dilakukan.

Baca Juga  Aksi Bank Emok Diusir Pemuda Sukarapih

“Butuh mental yang kuat dan terlatih, dikarenakan membawa beban rangsel helm dan senjata. Dan latihan ini dilaksanakan di Waduk Jatigede, untuk membiasakan Prajurit Raider agar terbiasa dengan latihan di medan sebenarnya,” tegasnya.

Di tempat sama, Komandan Korem 062/Tarumanegara Kolonel Inf Muhamad Muchidin menjelaskan, pelaksanaan Latihan Pemeliharaan Raider tersebut, dilaksanakan agar Satuan Yonif Raider 301/PKS mahir dalam melaksanakan tugas pokok yang dihadapkan dengan medan sebenarnya. Danrem pun menyampaikan, akan mendukung sepenuhnya semua kegiatan latihan yang dilaksanakan Yonif Raider 301/PKS. Hal itu dibuktikan juga dengan dirinya, yang secara langsung terjun di tengah-tengah prajurit mengikuti renang taktis. Tujuannya, agar prajurit lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan latihan. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.
Trending di SUMEDANG