Home / Nasional / Pilihan Redaksi

Minggu, 27 Desember 2020 - 15:15 WIB

Bansos Tahap IV Provinsi Jabar Mulai Didistribusikan

Pendistribusian bantuan sosial provinsi di Desa Sukadana Cimanggung Sumedang, Kamis (24/12/2020).

HO. SATGAS PENANGANAN COVID-19 JABAR/SO BANSOS: Pendistribusian bantuan sosial provinsi di Desa Sukadana Cimanggung Sumedang, Kamis (24/12/2020).


KOTA BANDUNG — Sebanyak 1.903.383 Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) menjadi penerima bantuan sosial (bansos) tahap IV Provinsi Jawa Barat (Jabar). Pendistribusian bansos berlangsung mulai Rabu (23/12/2020) sampai Rabu (30/12/2020).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar Dodo Suhendar mengatakan, ada sejumlah penyesuaian dalam bansos tahap IV. Salah satunya besaran nilai bansos menjadi Rp100 ribu dalam bentuk uang tunai.

Selain itu, pendistribusian bansos tahap IV dilakukan oleh PT Pos Indonesia, bank bjb, dan bank mandiri.

“Dengan keterlibatan perbankan, diharapkan dapat mempercepat pendistribusian bansos kepada masyarakat,” kata Dodo.

Dodo menjelaskan, dalam pendistribusian, pihaknya melibatkan kelurahan/desa. Kelurahan/desa pun dapat mengajak Ketua Rukun Warga (RW) agar pendistribusian bansos tahap IV lebih cepat.

Kelurahan/desa dapat mendistribusikan langsung ke rumah warga maupun menggelar pembagian secara terpusat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga  MGMP Penjas Orkes Akan Gelar O2SN se-Wilayah 2 Kab. Sumedang

“Jika pendistribusian dibagikan di kantor kelurahan/desa, pendistribusian bisa per RW dengan jadwal dan meja petugas dapat diperbanyak untuk menghidari kerumunan,” ucapnya.

“Sebagai bukti, penerima bansos harus difoto dengan kartu identitas. Jika penerima sakit atau tidak bisa datang ke kantor kelurahan/desa, dapat diwakilkan dengan membawa kartu keluarga,” imbuhnya.

Dodo pun melaporkan, untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat saat pendistribusian, pihaknya melakukan peninjauan ke sejumlah tempat.

“Komitmen kelurahan/desa, RW, dan RT, pun sangat dibutuhkan dalam pendistribusian banson tahap IV,” katanya.

Adapun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI/Polri, Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, dan Pekerja Sosial Masyarakat, turut mengawasi dan mengamankan pendistribusian bansos tahap IV untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan.

Baca Juga  MKGR Jabar Bidik Target Vaksinasi 50 Ribu, Desa Cilayung Bidik 3 Ribu Warga Tervaksinasi

Data Penerima Akurat

Dodo menyatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar mengusung prinsip kehati-hatian dalam pendataan penerima bansos tahap IV. Tujuannya supaya tetap sasaran dan berkeadilan.

Pemda Provinsi Jabar pun intens berkoordinasi dengan sejumlah pihak dalam mendata penerima bansos. Salah satunya dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Dengan keterlibatan sejumlah pihak, data penerima bansos semakin akurat.

Hal itu terlihat dalam persentase berhasil serah bansos tahap III yang nyaris 100 persen. Dari 1,9 juta KRTS penerima bansos, hanya sekitar 5.580 paket atau 0,3 persen yang gagal serah.

“Meski belum sempurna, data sudah sangat akurat. Ini merupakan keberhasilan Pemda Provinsi Jabar. Mudah-mudahan pendistribusian tahap IV berhasil 100 persen,” ucapnya. ***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

KABAR HAJI

Tujuh Jamaah Calon Haji Asal Indonesia Wafat di Tanah Suci
Kepala SMKN 1 Sumedang, Dra. Elis Herawati, M.Pd

PENDIDIKAN

Saat Hardiknas, 586 Siswa SMKN 1 Sumedang Dinyatakan Lulus
Wakil Bupati Sumedang saksikan pemusanahan sejumlah barangbukti narkoba di Kejaksaan Negeri Sumedang. Rabu, 15 Juli 2020

Pilihan Redaksi

Hari Bhakti Adhyaksa ke-60, Kejari Sumedang Musnahkan Barbuk Narkotika

Pilihan Redaksi

Bansos Rastra diubah Jadi Bantuan Pangan NonTunai, Ini Alasannya
Kepala Bidang komunikasi Publik Satgas COVID19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri saat melakukan monitoring di Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Rabu, 7 Juli 2021.

Pilihan Redaksi

Pemakaman Jezanah COVID-19 dilakukan Satgas Kecamatan dan Desa
Kepala Bidang Hubungan Industrial Disnakertrans Sumedang Empung Purwasih

Pilihan Redaksi

Puluhan Ribu Pekerja di Sumedang Kena Dampak Covid-19

Pilihan Redaksi

Ganti Kapolres, Pemkab Sumedang berharap sinergitas dan kemitraan terus terjalin

Pilihan Redaksi

Kompak, Warga Sawah Lega Gelar Pawai Obor