Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 11 Des 2020 11:31 WIB ·

Banyak Potensi Manuskrip di Sumedang, Disparbudpora Gelar Bimtek

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Dede Subarna selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

IWAN RAHMAT BIMTEK MANUSKRIP: Dede Subarna selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

SUMEDANGONLINE – Adanya manuskrip (naskah kuno) di Kabupaten Sumedang yang perlu dilakukan identifikasi. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang menggelar bimbingan teknis tentang manuskrip di Gedung PKK Kabupaten Sumedang. Jumat, 11 Desember 2020.

“Kegiatan hari ini kita adakan Bimtek Konservasi Manuskrip. Sementara ini kita tahu, ada potensi manuskrip di Kabupaten Sumedang. Itu sebagai potensi warisan budaya yang perlu kita identifikasi dan itu harus menjadi kebanggaan kita. Makanya kita hari ini kita laksanakan Bimtek bagaimana cara mengelola manuskrip selama ini. Seperti itu,” ujar Dede Subarna selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Calhaj tak terima visa, jangan salahkan KBIH

Menurutnya ini sebuah terobosan dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang untuk mengindentifikasi, bahkan nantinya tidak menutup kemungkinan bisa menerjemahkan manuskrip tersebut sebagai sesuatu warisan budaya dan memperkaya kebudayaan di Kabupaten Sumedang. Apalagi peserta yang hadir merupakan mereka dari masyarakat adat yang ada di Kabupaten Sumedang, dan ada diantaranya memungkinkan mempunyai manuskrip itu.

Baca Juga  Dihadapan Wartawan Sumedang, Bupati: Saran-Kritik Jadi Energi untuk Perbaikan

“Dengan dilaksanakan bimtek semacam ini, akan teridentifikasi manuskrip yang ada di Kabupaten Sumedang yang nanti bisa memperkaya kebudayaan atau potensi kebudayaan di Kabupaten Sumedang. Karena manuskrip sebagai objek kemajuan kebudayaan di Kabupaten Sumedang,” demikian Dede Subarna.***

Facebook Comments Box
manuskrip-di-sumedang-disparbudpora-gelar-bimtek/" data-order-by="social" data-numposts="5" data-width="100%" style="display:block;">
Artikel ini telah dibaca 57 kali

Baca Lainnya

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.

Bupati Sumedang Minta Pengurus Baru dapat Memajukan IWAPI

19 Januari 2022 - 21:31 WIB

Pelantikan Ketua dan Dewan Pengurus Cabang IKatan Wanita Pengusaha Indonesia Kabupaten Sumedang Periode 2021-2026 dihadiri sekaligus memberikan sambutan dan pengarahan oleh Bupati Sumedang. Bertempat, di Gedung Negara Sumedang.
Trending di SUMEDANG