Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 11 Des 2020 11:31 WIB

Banyak Potensi Manuskrip di Sumedang, Disparbudpora Gelar Bimtek

Reporter: IWAN RAHMAT | Editor: Redaksi


 Dede Subarna selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang. Perbesar

Iwan Rahmat/SUMEDANG ONLINE
Dede Subarna selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

SUMEDANGONLINE – Adanya manuskrip (naskah kuno) di Kabupaten Sumedang yang perlu dilakukan identifikasi. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang menggelar bimbingan teknis tentang manuskrip di Gedung PKK Kabupaten Sumedang. Jumat, 11 Desember 2020.

“Kegiatan hari ini kita adakan Bimtek Konservasi Manuskrip. Sementara ini kita tahu, ada potensi manuskrip di Kabupaten Sumedang. Itu sebagai potensi warisan budaya yang perlu kita identifikasi dan itu harus menjadi kebanggaan kita. Makanya kita hari ini kita laksanakan Bimtek bagaimana cara mengelola manuskrip selama ini. Seperti itu,” ujar Dede Subarna selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

Menurutnya ini sebuah terobosan dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang untuk mengindentifikasi, bahkan nantinya tidak menutup kemungkinan bisa menerjemahkan manuskrip tersebut sebagai sesuatu warisan budaya dan memperkaya kebudayaan di Kabupaten Sumedang. Apalagi peserta yang hadir merupakan mereka dari masyarakat adat yang ada di Kabupaten Sumedang, dan ada diantaranya memungkinkan mempunyai manuskrip itu.

“Dengan dilaksanakan bimtek semacam ini, akan teridentifikasi manuskrip yang ada di Kabupaten Sumedang yang nanti bisa memperkaya kebudayaan atau potensi kebudayaan di Kabupaten Sumedang. Karena manuskrip sebagai objek kemajuan kebudayaan di Kabupaten Sumedang,” demikian Dede Subarna.***

Artikel ini telah dibaca 91 kali

Baca Lainnya

Pj Bupati Sumedang Apresiasi Capaian SAKIP Kecamatan Surian

12 Juli 2024 - 23:49 WIB

Pj Bupati Sumedang Yudia saat memberikan arahannya dalam Roadshow Pembinaan SAKIP Kecamatan Surian di Aula Kantor Kecamatan Surian, Jumat (12/7/2024).

Pj Bupati Sumedang Ingatkan Camat Surian Tingkatkan Pengawasan PBB

12 Juli 2024 - 23:46 WIB

Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli pada acara Pembinaan SAKIP di Kecamatan Surian. Jumat, (12/7/2024).

Kabid Aset BKAD Sumedang Serahkan 9 Unit Motor Dinas Bertenaga Listrik

12 Juli 2024 - 14:12 WIB

17 Klub Siap Bertanding di Piala Doamu Cup U-45

11 Juli 2024 - 16:34 WIB

Technical Meeting Dony Ahmad Munir Cup di Cafe Si Bungsu Darmaraja, Sumedang. Rabu, 10 Juli 2024.

Sumedang Sedang Bentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah

5 Juli 2024 - 17:23 WIB

Pj. Sekda Sumedang, Tuti Ruswati saat melakukan monitoring Tanah dan Bangunan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Kantor BRIN Haurngombong, Kecamatan Pamulihan, Jumat (5/7/2024).

Atasi Kemiskinan, Sumedang Luncurkan Kartu TANGKIS

3 Juli 2024 - 21:09 WIB

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang meluncurkan program inovatif bernama Kartu Tangkal Kemiskinan (TANGKIS) sebagai solusi penanganan miskin ekstrem di Sumedang. Peluncuran Kartu TANGKIS diawali dengan tapping kartu oleh Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, Yudia Ramli didampingi Forkopimda di Saphire City Park (SACIPA). Rabu (3/7/2024).
Trending di SUMEDANG