Home / Pilihan Redaksi / SUMEDANG

Jumat, 11 Desember 2020 - 11:31 WIB

Banyak Potensi Manuskrip di Sumedang, Disparbudpora Gelar Bimtek

Dede Subarna selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

IWAN RAHMAT BIMTEK MANUSKRIP: Dede Subarna selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang.


SUMEDANGONLINE – Adanya manuskrip (naskah kuno) di Kabupaten Sumedang yang perlu dilakukan identifikasi. Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang menggelar bimbingan teknis tentang manuskrip di Gedung PKK Kabupaten Sumedang. Jumat, 11 Desember 2020.

“Kegiatan hari ini kita adakan Bimtek Konservasi Manuskrip. Sementara ini kita tahu, ada potensi manuskrip di Kabupaten Sumedang. Itu sebagai potensi warisan budaya yang perlu kita identifikasi dan itu harus menjadi kebanggaan kita. Makanya kita hari ini kita laksanakan Bimtek bagaimana cara mengelola manuskrip selama ini. Seperti itu,” ujar Dede Subarna selaku Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

Baca Juga  Disela Pengecekan Pos Penyekatan PPKM Darurat, Kapolres Sumedang Bagikan Sembako

Menurutnya ini sebuah terobosan dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang untuk mengindentifikasi, bahkan nantinya tidak menutup kemungkinan bisa menerjemahkan manuskrip tersebut sebagai sesuatu warisan budaya dan memperkaya kebudayaan di Kabupaten Sumedang. Apalagi peserta yang hadir merupakan mereka dari masyarakat adat yang ada di Kabupaten Sumedang, dan ada diantaranya memungkinkan mempunyai manuskrip itu.

Baca Juga  Ini tata cara pendaftaran dan persyaratan pemantau pemilihan bupati dan wakil bupati Sumedang tahun 2018

“Dengan dilaksanakan bimtek semacam ini, akan teridentifikasi manuskrip yang ada di Kabupaten Sumedang yang nanti bisa memperkaya kebudayaan atau potensi kebudayaan di Kabupaten Sumedang. Karena manuskrip sebagai objek kemajuan kebudayaan di Kabupaten Sumedang,” demikian Dede Subarna.***

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

SUMEDANG

Polres Sumedang Jamin Pemudik Lancar
Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Kabupaten PBSI Sumedang Masa Bakti 2020-2021 di Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang. Sabtu, 6 Maret 2021.

OLAHRAGA

Tiga Program Unggulan PBSI Sumedang, Satu Diantaranya Pembinaan Atlet Usia Dini
Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir memimpin Rapat Koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, yang dihadiri DPRD Kabupaten Sumedang, Dishub, Kantor Kesbangpol dan Kepala Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah di Gedung Negara Sumedang, Kamis 24 September 2020.

Pilihan Redaksi

Pilkades Serentak Digelar 16 Desember 2020, TPS Dua Kali Lipat
Pendaftaran Festival Film Indonesia 2021 Resmi Dibuka!

Pilihan Redaksi

Pendaftaran Festival Film Indonesia 2021 Resmi Dibuka!

Pilihan Redaksi

Tumpukkan Sampah Masih Terlihat di Sumedang Kota

BISNIS

Sidak Komisi B DPRD Sumedang, Ini Penyebab Harga Sembako Naik

DAERAH

PKS Peduli OTD Jatigede, bantu warga Pasirkandaga

DAERAH

Wabup minta pembangunan terus dijaga