Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 15 Jan 2021 17:35 WIB ·

Menteri PUPR Sempat Singgung Pemicu Bencana Cimanggung Bangunan Liar Tak Memiliki IMB

REPORTER: FITRIYANI GUNAWAN | EDITOR: FITRIYANI GUNAWAN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

SO/HO-HUMAS SETDA SUMEDANG KUNJUNGI LOKASI BENCANA: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang

CIMANGGUNGMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang sempat menyinggung salahsatu pemicu bencana adanya perumahan yang tak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Bahkan saat itu Basuki menyebutnya sebagai bangunan liar.

“Meminta kepada seluruh masyarakat supaya di dalam membangun bangunan, terutama untuk pemukiman harus betul-betul memperhatikan keamanan. Tadi kita sudah tanya kepada Pak Wakil Bupati di lokasi ini, tidak ada satupun yang punya IMB. Izin mendirikan bangunan. Artinya berarti bangunan liar,” ujar Basuki Hadimuljono.

Baca Juga  Ini Empat Program Kapolres Sumedang Bersentuhan Langsung dengan Warga

Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan dalam wawancara langsung dengan Metro TV pada program Selamat Pagi Indonesia menandaskan pada masa Pemerintahan Kabupaten Sumedang saat ini tidak pernah dan tidak akan pernah mengijinkan pembangunan perumahan di atas perbukitan hijau.

“Dan kami sudah evaluasi apabila ada yang memberikan izin mendirikan perumahan yang berpotensi bencana akan dicabut perizinannya,” ujar Erwan Setiawan. Jumat, 15 Januari 2021.

Baca Juga  Kendaraan Taktis AWC Polri Semprot Disinfektan di Jalan Protokol Cimalaka

Dikatkan dia, untuk tempat-tempat yang rawan terjadi bencana longsor pihak Pemda akan segera mengarelokasi ke tempat yang stretegis.

“Untuk anggaran relokasi sudah dirinci sebesar Rp200 Miliar dan akan segera di buat DEDnya untuk dibangun arelokasi warga ke tempat yang strategis. Sehingga warga yang terkena dampak bencana tidak merasa terbuang,” ungkapnya.

Hingga saat ini sudah 24 Jenazah yang teridentifikasi dan dievakuasi sementara yang masih dalam tahap pencarian sebanyak 16 orang. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pasca Insiden Unras, 135 Anggota Ormas GMBI Asal Sumedang Kena Sanksi Wajib Lapor

28 Januari 2022 - 17:58 WIB

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto, saat memberikan arahan pada 135 anggota GMBI Sumedang di Mapolres Sumedang. Jumat, 28 Januari 2022.

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.
Trending di SUMEDANG