Menu

Mode Gelap

SUMEDANG · 23 Jun 2021 03:30 WIB ·

MUI Tanjungkerta Resmi Dilantik, Kiai Sanusi : Pengurus MUI Harus Mempersatukan Umat Islam

Reporter: Redaksi | Editor: Redaksi


 Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tanjungkerta masa khidmat 2021-2026 telah resmi dilantik. Pelantikan dipimpin Ketua MUI Kabupaten Sumedang, KH Anwar Sanusi di Masjid Arrahmat Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat. Selasa (22/7/2021). Perbesar

Ayi Abdul Kohar/SUMEDANG ONLINE
Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tanjungkerta masa khidmat 2021-2026 telah resmi dilantik. Pelantikan dipimpin Ketua MUI Kabupaten Sumedang, KH Anwar Sanusi di Masjid Arrahmat Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat. Selasa (22/7/2021).

SUMEDANG – Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tanjungkerta masa khidmat 2021-2026 telah resmi dilantik. Pelantikan dipimpin Ketua MUI Kabupaten Sumedang, KH Anwar Sanusi di Masjid Arrahmat Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat. Selasa (22/7/2021).

KH Anwar Sanusi menyampaikan saat ini di Indonesia banyak ormas Islam. Teramasuk ada NU, Muhammadiyah, Persis, PUI, dan ormas-ormas Islam lainnya. Salah satu tugas pengurus MUI sebut dia, berusaha mempersatukan umat Islam.

“MUI rumah besar umat Islam. Karena di dalam MUI bergabung ormas-ormas Islam yang ada di Indonesia. Pengurusnya terdiri dari perwakilan berbagai ormas Islam. Oleh karenanya Pengurus MUI harus bersatu demi menciptakan kerukunan umat beragama,” tegas Kiai Sanusi saat memberikan sambutan.

Selain itu, dimasa pandemi Covid-19 ini, sebut dia MUI harus terus membina dan mencerahkan masyarakat dalam menyikapi wabah ini. Terutama menerangkan tentang protokol kesehatan yang dikaitkan dengan hukum-hukum syariat Agama Islam, juga menyampaikan tentang fiqih ibadah di masa pandemi, kata Kiai Sanusi.

Selain itu sebut dia, kepada pengurus, dia berharap dapat mengabdi untuk MUI dengan Ikhlas. Yang akan dibina itu masyarakat. Jalau pengurusnya ikhlas dalam bekerja dan memberikan manfaat untuk masyarakat, kita akan selalu diberikan kemudahan dalam segala sesuatunya.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanjungkerta, Acep Anwar, yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa tugas pengurus MUI setidaknya ada dua hal. Pertama; pengurus MUI harus menjadi pelayan masyarakat.

“Artinya pengurus MUI harus bisa membantu, membina, dan memecahkan atau memberikan solusi masalah-masalah di masyarakat, terutama masalah keagamaan. Yang kedua, pengurus MUI harus menjadi mitra pemerintah. Artinya kalau ada aparat pemerintah yang melakukan kesalahan, mohon untuk diingatkan oleh penguris MUI. Selain itu MUI juga harus membantu dalam nenysukseskan program-program pemerintah, terutama program dalam bidang keagamaan,” tutup Acep. (Ayi Abdul Kohar)

Artikel ini telah dibaca 66 kali

Baca Lainnya

Ayi: Baznas Sumedang Masih Terima Titipan Hewan Kurban

13 Juni 2024 - 18:17 WIB

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas

Kemenag Sumedang Kembangkan Kampung Moderasi Beragama

13 Juni 2024 - 13:37 WIB

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kampung Moderasi Beragama di KabupatenSumedangTahun 2024 di Aula Gedung Sarana Penunjang Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Baznas dan PWRI Sumedang Luncurkan Progam Z-Smart

13 Juni 2024 - 13:29 WIB

PWRI dengan Baznas Kabupaten Sumedang meluncorkan program Z-Smart (Spiritial Motivation Fun Integrated) Pengajian Terpadu Riang Gembira di Aula Baznas Kabupaten Sumedang. Kamis, 13 Juni 2024.

Jelang Idul Adha, Baznas Sumedang Luncurkan Program Kurban Online

12 Juni 2024 - 20:24 WIB

Baznas Kabupaten Sumedang Kembali meluncurkan program kurban online jelang Idul Adha 1445 H.

Pj Bupati Sumedang Minta DPMPTSP Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Juni 2024 - 19:54 WIB

Yudia Ramli selaku Pj Bupati Suedang saat melakukan monitoring sekaligus silaturahmi ke DPMPTSP Kabupaten Sumedang. Rabu (12/5/2024).

Kadinsos Sumedang Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional

11 Juni 2024 - 19:28 WIB

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumedang menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2024 dengan tema "Lansia Sehat, Terawat, Mandiri dan Produktif" di Halaman Yayasan Handjuang Mekar Indonesia Dusun Ujungjaya Kecamatan Ujungjaya Kabupaten Sumedang. Selasa, 11 Juni 2024.
Trending di SUMEDANG