Home / SUMEDANG

Rabu, 23 Juni 2021 - 03:30 WIB

MUI Tanjungkerta Resmi Dilantik, Kiai Sanusi : Pengurus MUI Harus Mempersatukan Umat Islam

Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tanjungkerta masa khidmat 2021-2026 telah resmi dilantik. Pelantikan dipimpin Ketua MUI Kabupaten Sumedang, KH Anwar Sanusi di Masjid Arrahmat Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat. Selasa (22/7/2021).

AYI ABDUL KOHAR PELANTIKAN PENGURUS: Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tanjungkerta masa khidmat 2021-2026 telah resmi dilantik. Pelantikan dipimpin Ketua MUI Kabupaten Sumedang, KH Anwar Sanusi di Masjid Arrahmat Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat. Selasa (22/7/2021).


SUMEDANG – Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Tanjungkerta masa khidmat 2021-2026 telah resmi dilantik. Pelantikan dipimpin Ketua MUI Kabupaten Sumedang, KH Anwar Sanusi di Masjid Arrahmat Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat. Selasa (22/7/2021).

KH Anwar Sanusi menyampaikan saat ini di Indonesia banyak ormas Islam. Teramasuk ada NU, Muhammadiyah, Persis, PUI, dan ormas-ormas Islam lainnya. Salah satu tugas pengurus MUI sebut dia, berusaha mempersatukan umat Islam.

“MUI rumah besar umat Islam. Karena di dalam MUI bergabung ormas-ormas Islam yang ada di Indonesia. Pengurusnya terdiri dari perwakilan berbagai ormas Islam. Oleh karenanya Pengurus MUI harus bersatu demi menciptakan kerukunan umat beragama,” tegas Kiai Sanusi saat memberikan sambutan.

Baca Juga  Dari Usulan 224 Pemanfaat di Desa Sukasari, 43 dapat BLT Pemkab Sumedang

Selain itu, dimasa pandemi Covid-19 ini, sebut dia MUI harus terus membina dan mencerahkan masyarakat dalam menyikapi wabah ini. Terutama menerangkan tentang protokol kesehatan yang dikaitkan dengan hukum-hukum syariat Agama Islam, juga menyampaikan tentang fiqih ibadah di masa pandemi, kata Kiai Sanusi.

Selain itu sebut dia, kepada pengurus, dia berharap dapat mengabdi untuk MUI dengan Ikhlas. Yang akan dibina itu masyarakat. Jalau pengurusnya ikhlas dalam bekerja dan memberikan manfaat untuk masyarakat, kita akan selalu diberikan kemudahan dalam segala sesuatunya.

Baca Juga  Hore Kelurahan Akan Terima Kucuran Dana Rp 1 Miliar

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanjungkerta, Acep Anwar, yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa tugas pengurus MUI setidaknya ada dua hal. Pertama; pengurus MUI harus menjadi pelayan masyarakat.

“Artinya pengurus MUI harus bisa membantu, membina, dan memecahkan atau memberikan solusi masalah-masalah di masyarakat, terutama masalah keagamaan. Yang kedua, pengurus MUI harus menjadi mitra pemerintah. Artinya kalau ada aparat pemerintah yang melakukan kesalahan, mohon untuk diingatkan oleh penguris MUI. Selain itu MUI juga harus membantu dalam nenysukseskan program-program pemerintah, terutama program dalam bidang keagamaan,” tutup Acep. (Ayi Abdul Kohar)

Sumber Berita: SUMEDANG ONLINE

Share :

Baca Juga

ejumlah sekolah di Kabupaten Sumedang mulai Senin, 30 Agustus 2021 mulai melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. Kegiatan ini juga digabungkan dengan kegiatan belajar di rumah (BDR).

SUMEDANG

Sumedang Mulai Pembelajaran Tatap Muka, Siswa Dibatasi 16 Orang Perkelas
Wabup Sumedang Erwan Setiawan tengah memetik jeruk Lemon California Organik yang dibudidayakan petani Dusun Pasanggrahan Desa Cijambu Kecamatan Tanjungsari.

SUMEDANG

Petani Lemon California Butuh Peran Pemerintah dalam Pemasaran
Kasi Bimas Islam Kantor pada Kemenag Kabupaten Sumedang, Sjamsuridjal pada SUMEDANGONLINE di ruang kerjanya. Senin, 10 Agustus 2021.

SUMEDANG

Kemenag Sumedang: Mulai Agustus 2021, Kartu Nikah Diberikan dalam Bentuk Digital

Pilihan Redaksi

GP Ansor diminta jadi mitra polisi
Bupati Sumedang didampingi Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto melaunching Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 di Makopolres Sumedang, Kamis 24 September 2020.

SUMEDANG

Perangi Corona, Polres Bentuk Tim Pemburu Pelanggar Prokes Covid-19

Pilihan Redaksi

Siang ini, Kebakaran hebat hanguskan rumah Dadang
IST

Pilihan Redaksi

Kedapatan Bawa Dua Paket Sabu, SM Diringkus Sat Narkoba Polres Sumedang

Pilihan Redaksi

Bupati Sumedang Tinjau Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Utara Jatigede