Menu

Mode Gelap

Pilihan Redaksi · 14 Jul 2021 15:22 WIB ·

Bandel Langgar Aturan PPKM, Lima Pabrik di Sumedang Terancam Denda Rp5 Juta

REPORTER: IWAN RAHMAT | EDITOR: REDAKSI

Polisi saat melakukan patroli di Pabrik wilayah Barat Kabupaten Sumedang. Rabu, 14 Juli 2021.

ISTIMEWA WHATSAPP IMAGE 2021-07-14 AT 14.53.33: Polisi saat melakukan patroli di Pabrik wilayah Barat Kabupaten Sumedang. Rabu, 14 Juli 2021.

SUMEDANG – Empat pabrik esensial di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung mendapatkan sanksi pidana ringan (tipiring) setelah mereka melakukan pelanggaran pada masa PPKM Darurat karena mempekerjakan lebih dari 50 persen karyawannya. Rabu, 14 Juli 2021.

Selain itu sebut Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo, satu pabrik non-esensial di Kecamatan Jatinangor yang seharusnya tutup sementara, malah beroperasi.  Ke-lima pabrik itu yakni KPS (Karya Putra Sangkuriang), Shimada Karya Indonesia dan Nishkawa Karta Indonesia termasuk katagori esensial dan Pabrik di Kecamatan Cimanggung yakni Pabrik Insan Sandang (esensial) dan Pabrik Sarana Inti Presisi (non-Esensial ).

Baca Juga  Tingkatkan Imun, Polres Sumedang Bangun Lapang Olahraga di Komplek Asrama Polisi

Dikatakan Kapolres, setelah pihaknya melakukan pengecekan bersama jajaran Dandim dan Kejari Sumedang. Ke-lima pabrik tersebut telah didapati pelanggaran dengan memperkerjakan karyawan masih di atas 50 persen. Serta Pabrik Sarana Inti Presisi (non-Esensial) telah melakukan pelanggaran yang seharusnya ditutup saat ini masih beroperasi.

“Dari ke empat Pabrik yang esensial maupun non-esensial telah dilakukan penindakan berupa tipiring yang ancaman hukumannya selama 3 bulan dan denda minimal lima juta rupian dan maksimal lima puluh juta rupiah,” ujar Kapolres Sumedang dalam keterangannya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, alasan pihaknya melakukan Patroli di wilayah Barat kabupaten Sumedang karena adanya analisa Menko Maritim dan Investasi bahwa di daerah tersebut masih terdapat pabrik-pabrik yang beroperasi secara penuh.

Baca Juga  Hari Ini, Sumedang Raih 6 Medali di Porda XIII/2018 Jabar

“Fakta tersebut, hari ini ditemukan dan kita lakukan penindakan kita harapkan kedepannya  hal hal  tersebut tidak d temukan,” tandasnya.

Senada dikatakan Dandim 0610/Sumedang, Zaenal Mustofa, pihaknya sudah melaksanakan pengawasan pengecekan dan patroli terkait dengan pelaksanaan PPKM darurat yang telah dilaksanakankan.

“Masih ada  berapa perusahaan yang tidak mengikuti aturan terus Mendagri. Apabila kita tidak menegakkan ini kasihan masyarakat. Ekonomi penting, tapi nyawa manusia lebih penting dari segalanya,” tegas Dandim. ***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 155 kali

Baca Lainnya

Disparbudpora dan DPMPTSP Sosialisai OSS ke Pengelola ODTW di Sumedang

27 Januari 2022 - 17:25 WIB

Sebanyak 25 pengelola object daya tarik wisata (ODTW) di Kabupaten Sumedang mendapat sosialisasi Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan DPMPTSP Kabupaten Sumedang di Objek Wisata Pangjugjugan Desa Cilembu Kecamatan Pamulihan. Kamis, 27 Januari 2021.

Truk Hilang Kendali Seruduk Kendaraan Lain di Kawasan Cimanggung

24 Januari 2022 - 22:43 WIB

Tabrakan beruntun terjadi di jalur Bandung-Garut tepatnya di kawasan Kecamatan Cimangung, Kabupaten Sumedang Jawa barat, sekira pukul 19.30. Senin, 24 Januari 2021.

Besok, Tol Cisumdawu Seksi 1 Mulai Dibuka

24 Januari 2022 - 22:32 WIB

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan, Senin (24/1/022).

Satu Keluarga Tertimbun Longsor, Seorang Meninggal Dunia

22 Januari 2022 - 18:44 WIB

Satu keluarga tertimbun tanah saat longsor terjadi di Dusun Cukanggaleuh, Desa Cisurat, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sabtu, 22 Januari 2022.

Diduga Rem Blong, Truk Angkut Pasir Seruduk Bangunan SDN Cibeureum 4

20 Januari 2022 - 17:29 WIB

Sebuah Truk Angkut Pasir diduga rem blong sehingga harus menimpa ke sebuah ruangan Sekolah Dasar Negeri Cibeureum 4 Desa Cibeureum kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Resmikan Rumah Aman Simpati Adhyaksa di Kabupaten Sumedang

19 Januari 2022 - 21:40 WIB

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam rangka Peresmian "Rumah Aman Simpati Adhyaksa" di UPTD Balai Pelatihan Kerja Disnakertrans Kabupaten Sumedang. Rabu, 19 Januari 2022.
Trending di SUMEDANG